ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS DITINJAU DARI SELF CONCEPT SISWA DI MTs AL-AMIN PONCOKUSUMO MALANG

Sukri Azizi, Surahmat Surahmat, Alifiani Alifiani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi persamaan garis lurus kelas VIII di MTs Al-Amin Poncokusumo ditinjau dari self concept. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diberi soal tes dan angket sebanyak 28 orang peserta didik, dan sumber data yang diwawancarai sebanyak 6 peserta didik dengan kriteria 2 peserta didik dengan self concept tinggi, 2 peserta didik dengan self concept sedang, dan 2 peserta didik dengan self concept rendah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dari hasil penelitian tentang kemampuan koneksi matematis peserta didik ditinjau dari self concept peserta didik 1) Peserta didik dengan tingkat self concept tinggi, mampu mengkaitkan koneksi dalam topik matematika maupun antar konsep atau mengkaitkan antar topik dan juga keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 2) Peserta didik dengan tingkat self concept sedang beberapa indikator kemampuan koneksi matematis belum terpenuhi. 3) Peserta dengan tingkat self concept rendah, belum mampu mengkaitkan koneksi matematis seperti keterkaitan antar konsep ataupun koneksi antar topik dan keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari. 4) Pengklasifikasian tingkat self concept tinggi dengan nilai rata-rata 83, 3, pengklasifikasian tingkat self concept sedang dengan nilai rata-rata 70, 2, pengklasifikasian tingkat self concept rendah dengan nilai rata-rata 58, 4, Dilihat dari hasil rata-rata yang didapat pada klasifikasi self concept rendah didapat rata-rata yang tidak melampaui nilai KKM dan dapat dikategorikan dalam tingkat rendah. Sehingga dalam penelitian ini dapat diketahui behwa peserta didik yang mempunyai self concept rendah, maka kemampuan koneksi matematis peserta didik masuk dalam kategori rendah.

Kata Kunci: koneksi matematis, self concept, persamaan garis lurus.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. 2014. Pengantar pendidikan asa dan filsafat pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruz media.

Arikunto, suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Fajriani. 2017. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs An-Najah Jakarta Selatan. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fauzy, M. I. 2016. Kemampuan Koneksi matematis Siswa dalam Permasalahan persamaan Garis Lurus. Tesis tidak diterbitkan. Jember: Progam studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Jember.

Ginting, O. D. 2020. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Skripsi tidak diterbitkan. Medan: Prodi Pendidikan Matematika UNIMED.

Hudoyono, H. 2000. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Lasmanawati. 2018. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Proses Berfikir Reflektif terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: SPS UPI.

Leonard, dan Supardi, U. S. 2010. Pengaruh Konsep Diri, Sikap Siswa pada Matematika. Dan Kecemasan Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika. Cakrawala Pendidikan, (Online), Vol 3,Th.XXIX, November 2010.

(http://eprints.uny.ac.id/3382/1/6LEONARD_EDIT.pdf , Diakses 8 Maret 2021).

Lestari, U. D. 2018. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa SMA Melalui Model Problem Based Learning. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Progam Studi Pendidikan Matematika Universitas Pasundan.

Obilor, I. E. (2011). Interaction between self-concept, and mathematics, English language and general academic achievement of senior secondary students in Port Harcourt. Journal of Educational and Social Research, 1(4) 39-46.

Rahmawati, Y., Priatna, N., Nurjanah. 2018. Meningkatkan Kemampuan koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Pada Materi Trigonometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 3 (2): 1-15.

Sugioyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta.

Sugioyono, 2017. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartini, Tina Sri (2015). Mengembangkan Self-Concept Siswa Melalui Model Pembelajaran Concept Attaiment. Jurnal Pendidikan Matematika,Vol. 5, No. 2, April 2015. ISSN: 2086. 4299.

Umam, K. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Materi Kubus dan Balok Berdasarkan Level Kognitif Siswa Kelas VIII H SMPN 2 Gondang Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.