ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP ITCI PENAJAM PASER UTARA

Aditiya Kurnia Waluya, Zainal Abidin, Tri Candra Wulandari

Abstract


 

Abstrak : Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMP ITCI Penajam Paser Utara; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki motivasi belajar sedang pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMP ITCI Penajam Paser Utara; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang memiliki motivasi belajar rendah pada materi Aritmetika Sosial kelas VII SMP ITCI Penajam Paser Utara. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP ITCI Penajam Paser Utara dengan subjek penelitian sebanyak 6 peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi belajarnya. Adapun instrumen penelitian ini menggunakan angket motivasi belajar, soal tes kemampuan komunikasi matematis, dan pedoman wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik dengan kategori motivasi belajar tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang sangat baik. Karena memenuhi tiga indikator kemampuan komunikasi matematis yaitu menyatakan masalah sehari-hari dalam bahasa model matematika, mengembangkan pemahaman dasar matematika termasuk aturan-aturan definisi matematika, menggunakan kemampuan membaca, menyimak, dan mengamati untuk menginterpretasi dan mengevaluasi suatu ide matematika; (2) peserta didik dengan kategori motivasi belajar sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik. Peserta didik yang motivasi belajarnya sedang hanya dapat memenuhi salah satu dari 3 indikator yaitu menyatakan masalah sehari-hari dalam bahasa model matematika, mengembangkan pemahaman dasar matematika termasuk aturan-aturan definisi matematika, menggunakan kemampuan membaca, menyimak, dan mengamati untuk menginterpretasi dan mengevaluasi suatu ide matematika, akan tetapi ada satu subjek yang memiliki tingkat kemampuan komunikasi matematis yang baik karena memenuhi 2 indikator kemampuan komunikasi matematis peserta didik; (3) peserta didik dengan kategori motivasi belajar rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis kurang baik. Karena hanya memenuhi satu indikator dari tiga indikator kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu memahami masalah. Ada pula yang tidak memenuhi 3 indikator kemampuan komunikasi matematis.

Kata-kata kunci: Kemampuan komunikasi Matematis, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Abdi, M. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 2, 1687–1692

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astuti, Anggraeni. 2015. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian 2(2) : Universitas Indraprasta PGRI. hal: 103-104

Dimyati & Mudjiono. 2015.Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Helaluddin & Wijaya, Hengki. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Jakarta: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray

Hendriana, H., Euis, E., R., & Utari, S. 2018. Hard Skill & Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu. Vol 7. No. 1

Kusumawardani, D.R., Wardono & Kartono. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang: Semarang. Vol.1 Hal 588-595

Lestari, K., E., & M., R., Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Nuraeni, dkk. Permasalahan Matematika Aritmetika Sosial Dalam Bentuk Cerita: Bagaimana Deskripsi Kesalahan-kesalahan Jawaban Siswa. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika. Vol 5: hal 61-68

Nursyahbany, Sitorus, Indra & Mara. 2018. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas VII MTs Islamiyah Medan. Jurnal Axiom. Vol 7: Hal 97-109

Richardo, Rini. 2017. Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol 2: 188-201.

Robiah,dkk. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Minat Belajar Matematis Siswa SMK Negeri 1 Cihampelas. Journal On Education. Vol 1: 365-371

Siswono, Tatag Yuli. 2010. Penelitian Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.