ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT PADA MATERI PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL PESERTA DIDIK KELAS VII

AYU MULYANI, Zainal Abidin, Yayan Eryk Setiawan

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik kategori climbers pada materi pertidaksamaan linear satu variabel; (2) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik kategori campers pada materi pertidaksamaan linear satu variabel; dan (3) mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik kategori quitters pada materi pertidaksamaan linear satu variabel. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pakisaji yang dipilih berdasarkan purposive sampling, yaitu 2 peserta didik kategori climbers, 2 peserta didik kategori campers, dan 2 peserta didik kategori quitters untuk mengerjakan soal tes kemampuan koneksi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket adversity quotient, tes kemampuan koneksi matematis, dan wawancara kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan kategori climbers memiliki kemampuan koneksi matematis yang sangat baik, karena mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis; (2) Peserta didik dengan kategori campers memiliki kemampuan koneksi matematis yang cukup baik, karena mampu memenuhi dua indikator dari tiga indikator kemampuan koneksi matematis; (3) Peserta didik dengan kategori quitters memiliki kemampuan koneksi matematis yang kurang baik, karena hanya mampu memenuhi satu indikator dari tiga indikator kemampuan koneksi matematis dan tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan koneksi matematis.

Kata kunci: analisis, kemampuan koneksi matematis, adversity quotient, pertidaksamaan linear satu variabel


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. S. E. W., & Walida, S. E. 2019. Interactive E-Module Model Of Transformation Geometry Based On Case (Creative, Active, Systematic, Effective) As A Practical And Effective Media To Support Learning Autonomy And Competence. This. 2(2), 25–32. Diakses dari http://www.journalijdr.com

Chabibah, L. N., Siswanah, E., & Tsani, D. F. 2019. Analisis kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan ditinjau dari adversity quotient. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 199–210. Diakses dari https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.29024

Darojat, L. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Aq Dengan Learning Cycle 7E. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 1–8. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/12908

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. 2019. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Smp Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal on Education, 1(2), 309–316. Diakses dari https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/68

Mafulah, J., & Amin, S. M. 2020. MATHE dunesa. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient, 9(5), 241–250. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/34129/pdf

Moleong, Lexy J. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

NCTM. 2000. National Council of Teachers of Mathematics. Reston, VA: NCTM

Siagian, M. D. 2016. Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67. Diakses dari https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/117

Susanty, A. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm Siswa Sma Kelas X Ipa Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 870–876.

Stoltz, P G. 2018. Adversity Quotient : Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta : PT Grasindo.

Tresnawati, S. N. 2018. SQ4R Approach To Improve The Ability Of Mathematical Connections And Adversity Quotient Matematik MTs Students. Mathematics Education Journal, 2(2), 83. Diakses dari https://doi.org/10.22219/mej.v2i2.6492

Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. 2016. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Pythagoras. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya [KNPMP I] Universitas Muhammadiyah Surakarta, Malang: Universitas Negeri Malang, 377–384.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.