ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA MATERI HIMPUNAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 PAKISAJI

Re Agnes Gempar Lusia Syahnaz, Zainal Abidin, Syaifuddin Syaifuddin

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar visual pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji; (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar auditorial pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji; (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik yang memiliki gaya belajar kinestetik pada materi himpunan kelas VII SMPN 1 Pakisaji. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pakisaji dengan subjek penelitian sebanyak enam peserta didik yang dipilih berdasarkan klasifikasi gaya belajarnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Adapun analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) peserta didik dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori kurang kreatif, karena dapat memenuhi satu dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator kelancaran; (2) peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori cukup kreatif, karena dapat memenuhi dua dari empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu keaslian dan elaborasi; (3) peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir kreatif pada kategori sangat kreatif, karena dapat memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, keluwesan, keaslian, dan elaborasi.

Kata kunci: kemampuan berpikir kreatif, gaya belajar, himpunan.

 


Full Text:

PDF

References


Apriansyah, D., Ramdani, M. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman dan Berfikir Kreatif Matematik Siswa MTS Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2 (2): 1-7.

Asnidar, A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Operasi Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 19 PALU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako. Vol 1(2): 182-191.

Deporter, B., Hernacki, M. 2015. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Firdausi, Y. N., Asikin, M., Wuryanto, W. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar pada Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA). PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol 1: 239-247.

Fitriarosah, Nuni. 2016. Pengembangan Berpikir Kreatif Matematis untuk SMP. Jurnal Prosiding Seminar Pendidikan Matematika. Vol 3 : 243-250.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., Sumarno U. 2018. Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Kemendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006 tentang 20 Standar Isi, Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Kemdikbud. 2013. Permendikbud 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Munandar, S.C.U. 1999. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widisarana Indonesia.

Musaidah, E., Purnomo, D., Setyowati, R.D. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sayung Tahun 2019/2020. Jurnal Imajiner Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2(5): 382-390.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Sukoharjo: Universitas Veteran Bangun Nusantara.

Purwanti, D., Fakhri, J., Negara, H.S. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau dari Gaya Belajar Kelas VII SMP. Jurnal Aksioma Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 8(1): 382-390.

Safitri, Dyah Ayu, Intan Bigita Kusumawati, and Soffil Widadah. "Analisis Kecemasan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS)." Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan. Vol 6 (2): 113-121.

Semiawan, C. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasrana Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tanamir, M. D., Putri, R. E., & Pertiwi, S. (2020). Analisis Karakteristik Gaya Belajar Remaja di Korong Sijangek Kenagarian Sungai Durian Kecamatan Patamuan Kabupaten Padang Pariaman. Curricula: Journal of Teaching and Learning. Vol 5(1): 50-59.

Wijayanto, M.T., Purwosetiyono, FX.D., Prasetyowati D. 2021. Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Word Problem Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 3(1): 37-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.