PROFIL KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA KELOMPOK MIPA

Dita Kusuma Anggraeni, Abdul Halim Fathani, Alifiani Alifiani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita pada kelompok MIPA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan metode purposive sampling yaitu pemilihan dengan pertimbangan tertentu. Subjek penelitian dipilih berdasarkan peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah satu peserta didik kelompok MIPA kelas XI SMA Negeri 7 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa peserta didik kelompok MIPA memiliki profil kemampuan penalaran matematis yang baik. Pada proses sensemaking cenderung melakukan representasi bentuk simbolik. Pada proses conjecturing, memberikan alasan logis yang mana sesuai dengan apa yang diketahui serta menggunkaan model matematika untuk menentukan strategi penyelesaian. Pada proses convincing, sesuai dengan rencana strategi yang telah ditentukan dan cenderung menggunakan otak kiri sehingga mampu menguraikan langkah-langkah penyelesaian dan menggunakan rumus dengan tepat. Pada proses reflecting, mengevaluasi kembali hasil penyelesaian dan yakin sehingga hasil penyelesaian benar. Pada proses generalising, menggeneralisasikan kesimpulan dengan benaar dan menggunakan simbol matematika.

Kata kunci: kemampuan penalaran matematis, soal cerita


Full Text:

PDF

References


Ahmad, H., Nurhidayah., & Nurdin. 2018. Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal MathEducation Nusantara, 1(1), 1-14.

Ainun, N., Mallo, B., & Awuy, E. 2019. Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 6(4), 484-491.

Ainun, N., Mallo, B., & Awuy, E. 2019. Pengaruh Kemampuan Penalaran terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Materi Himpunan. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika, 6(4), 484-491.

Azizah, R., Sunardi., & Kurniati, D. 2017. Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Pisa Pada Siswa Usia 15 Tahun di SMA Negeri 1 Jember. Kadikma, 8(1), 97-104.

Daud, A., & Nurwan. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Model Matematika Pada Materi Program Linear Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya. 395-402.

Hasanah, dkk. 2019. Mathematical Reasoning: The Characteristics of Students’ Mathematical Abilities in Problem Solving. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 1-8.

Herlita., Sugiatno., & Dian. 2018. Potensi Looking Back Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret Aritmetika Di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelejaran Khatulistiwa, 7(9), 1-8.

Hidayatullah, dkk. 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 2(2), 93-102.

Huda, U., Musdi, E., & Nari, N. 2019. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ta’dib. 22(1), 19-25.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No. 22 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Miles, M. B., Huberman, A. M., and Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis Fourth Edition: a Methods Sourcebook. Singapore: Sage Publication, Inc.

Putri, D.K., Sulianto, J., & Azizah, M. 2019. Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351-357.

R. Bjuland. 2007. Adult Students’ Reasoning in Geometry: Teaching Mathematics through Colaborative Problem Solving in Teacher Education. The Montana Mathematics Emthusiast, 4(1), 1-30.

Rosyada, D. 2020. Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Safrida, L., As’ari, A., dan Sisworo, S. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Solving Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Peluang Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Pendidikan, dan Pengembangan, 1(4), 583-591.

Sofyana, U., & Kusuma, A. 2018. Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Generative Pada Kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 2(1), 11-23.

Syahlan. 2017. Sepuluh Strategi Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358-369.

Utami, R., Endaryono, B., & Djuhartono, T. 2018. Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187-192.

Wahyu, A., Wibowo, T., & Kurniawan. H. 2019. Analisis Kemampuan Looking Back Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Sendika, 5(1), 81-87.

Wahyuni, Z., Roza, Y., & Maimunah. 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Mateatika AL-QALASADI, 3(1), 81-92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.