PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FULLY ONLINE LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SCREENCAST O MATIC DAN KAHOOT PADA MATERI PELUANG KELAS VIII MTs. TMI PUJON

Lutfa Arini Isnaini Putri, Zainal Abidin, Yayan Eryk Setiawan

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan, hasil pengembangan,  serta hasil uji coba  pengembangan model pembelajaran fully online learning dengan menggunakan aplikasi Screencast O Matic dan media kahoot pada materi peluang untuk peserta didik kelas VIII MTs. TMI Pujon. Penelitian ini merupakan penelitia pengembangan dengan desain model pengembangan 4D. Sampel dalam penelitian pengembangan ini adalah pendidik matematika dan peserta didik kelas VIII MTs. TMI Pujon. Subjek dalam penelitian pengembangan ini meliputi ahli desain pembelajaran, ahli pembelajaran, ahli media, ahli praktisi, user pendidik, dan user  peserta didik sebanyak 10 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah analisis data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif didapat dari skor yang telah diperoleh dari angket validasi produk dan data kualitatif didapat dari komentar dan saran pada angket validasi produk. Dari hasil penelitian, pada analisis kebutuhan dari 2 pendidik dan 68 peserta didik diperoleh presentase berturu- turut sebesar 86% dan 84% dengan kesimpulan bahwa pendidik dan peserta didik setuju dengan pengembangan model pembelajaran fullty online learning serta membutuhkan video pembelajaran berbasis screencast o matic dan latihan soal yang menarik melalui media kahoot. Dari hasil penilaian para ahli memperoleh rata-rata sebesar 4,5. Sedangkan untuk user pendidik matematika dan 10 pesrta didiki kels VIIIi MTs. TMI Pujon mendapatkan rata-ratal sebesr 4,7. Pencapaian
rata-rata penilaian keseluruhan sebesar 4,6. Sehingga daril hasili tersbut dapat disimpulkan bahwal produk buku pengembangan model pembelajaran fully online learning dengan menggunakan aplikasi screencast o matic dan media Kahoot dinyatakan valid dan layak digunakan.

Kata kunci: pengembangan, model pembelajaran fully online learning, screencast o matic dan kahoot


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Mohamed, Z., & Abdul, G. S. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio (PMBP) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPM. Volume 2 (1): 79-102

Belawati, Tian. 2019. Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka

Dewi, Sinta V. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Screencast O-Matic pada

Mata Kuliah Kalkulus Integral Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Tasilmalaya: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika

Kurniasih, Imas., Sani, Berlin. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Kata Pena

Maulida, R., Tanjung, T., Puspitasari, T., Haryono, W., & Hardi, T. (2019). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Dalam Pembelajaran Matematika Di Smp Daarul Qur’an Internasional Cipondoh Tangerang. Jurnal Abdi Masyarakat, 1-7.

Priowirjanto,Yudha Prapantja. 2013. Materi simulasi digital, Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre

R Rafnis. (2018). Pemanfaatan Platfrom Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. ETech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran, mengembangkan profesionalisme guru :Jakarta

Sudjana, Nana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: CV. ALFABETA

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974.Instructional Development for Training Teacher of Exeptional Children.Bloomington Indiana: Indiana University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.