ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP ISLAM ALMAARIF 01 SINGOSARI

Diana Lestari, Isbadar Nursit, Abdul Halim Fathani

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Almaarif 01 Singosari, dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik kelas VIII SMP Islam Almaarif 01 Singosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP Islam Almaarif 01 Singosari yang berjumlah 14. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu angket, tes soal, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deskripsi kemampuan penalaran matematis pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar adalah sebagai berikut; (a) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar tinggi, mampu mengajukan dugaan (conjecture), mampu memanipulasi matematika, dan mampu memberikan alasan terhadap beberapa solusi. (b) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar sedang, mampu mengajukan dugaan (conjectur. (c) Peserta didik dengan kategori kemandirian belajar rendah, belum mampu menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, belum mampu mengajukan dugaan (conjecture), belum mampu memanipulasi matematika, belum mampu memberikan alasan terhadap beberapa solusi, dan belum mampu menarik kesimpulan secara logis. Sedangkan pada hasil tingkat kemampuan penalaran matematis pada materi statistika ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik diperoleh: a) Peserta didik yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi dan rendah. b) Peserta didik yang memiliki tingkat kemandirian belajar sedang memiliki kemampuan penalaran matematis rendah. c) Peserta didik yang memiliki tingkat kemandirian belajar rendah, maka kemampuan penalaran matematis masuk pada kategori rendah.

Kata Kunci: kemampuan penalaran, statistika, kemandirian belajar


Full Text:

PDF

References


Ardhiyanti, E., Sutriyono, S., & Pratama, F. W. (2019). Deskripsi Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 90-103.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M., 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP terhadap Kemampuan Penalaran Matematis. Journal On Education, Vol. 01 No. 02, 288-296.

Isnaeni, Sarah. dkk. 2018. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Ivet: Journal of Medives Volume 2, No. 1, 2018, pp. 107-115

Khairunnisa, I., Kartono, K., & Suyitno, A. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar pada Model Problem Based Learning dengan Mode Oral Feedback. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 3, pp. 353- 357)

Khusna, A. N., Sunismi, S., & Nursit, I. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Metode Pembelajaran Whole Brain Teaching (WBT) Ditinjau Dari Gaya Belajar David Kolb Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran. Vol. 14 No. 9. Hal 9-16

Kusumawardani, Wardono, & Kartono. 2018. Pentingnya Penalaran Matematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Negeri Semarang: Semarang. Vol. 1. Hal 588-595

Lestari, Kurnia Eka dan Mokhammad Ridwam Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. 2017. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, Vol. 1(1), 27-33.

Linuhung, Nego. dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro Vol. 5, No. 1, 2016, Hal 52-60.

Maryati, I., & Priatna, N. 2017. Analisis Kesulitan dalam Materi Statistika Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Statistis. Prisma, Vol. 6(2), 173-179.

Mulyana, Ade. 2015. Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah STKIP Siliwangi Bandung, Vol. 9 No. 1, ISSN 1978-5089, 40-51.

Niasih, N. , Romlah, S. , & Zhanty, L. S. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP di Kota Cimahi Pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 266-27

Nurjanah, S., Kadarisma, G., & Setiawan, W. 2019. Analisis kemampuan penalaran matematika dalam materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP kelas VIII ditinjau dari perbedaan gender. Journal on Education, 1(2), 372-381.

Putri, D., Sulianto, S., & Azizah, M., 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan masalah. International Jurnal of Elementary Education. Vol. 3. No. 3., pp. 351-357

Sugiyono. 2017. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT Alfabeta. Bandung

Sulistiawati, I., Arsyad, N., & Minggi, I. 2020. Deskripsi Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Ditinjau dari Kemampan Awal. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 111-118

Sumartini, Tina S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharaf: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 5 No.1, April 2015

Zakiyah, S., Imania, S. H., Rahayu, G., & Hidayat, W. 2018. Analisis kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematik serta Self- Efficacy siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Vol. 1 No.4, 647-656.

Zannati, G. N., Fitrianna, A. Y., & Rohaeti, E. E. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Pada Materi Perbandingan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), Volume 1, No. 2, 2018, hal 107-112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.