KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 1 ARJASA

Siti Wakila, Sikky El Walida, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara dan kemampuan penalaran matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Arjasa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menyelesaikan soal materi Statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMPN 1 Arjasa Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah peserta didik 24 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah tiga peserta didik yang selanjutnya akan diwawancara. Hasil dalam penelitian didapatkan bahwa subjek dengan kemampuan penalaran matematika tinggi menjawab dengan cara menggunakan informasi yang diketahui untuk menjawab soal, menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai mean, median, dan modus dari data yang diperoleh, menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai kuartil dan jangkauan dari data yang diperoleh, menarik kesimpulan dari data yang diketahui, dan membuat tabel distribusi. Subjek dengan kemampuan penalaran matematika sedang menjawab dengan cara menggunakan informasi yang diketahui untuk menjawab soal, menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai mean, median, dan modus dari data yang diperoleh, serta menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai kuartil dan jangkauan dari data yang diperoleh. Selanjutnya, subjek dengan kemampuan penalaran matematika rendah menjawab dengan cara menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai mean, median, dan modus dari data yang diperoleh, serta menggunakan rumus yang telah diketahui untuk mencari nilai kuartil dan jangkauan dari data yang diperoleh.

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematika, Problem Based Learning (PBL), Statistika


Full Text:

PDF

References


Bahari. 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (Online), (https://kbbi.web.id/bahari, diakses 25 Februari 2021).

Kompri. 2017. Belajar: Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Yogyakarta: Media Akademi.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Masykur, M.A. dan Fathani, H.A. 2007. Mathematical Intelligence. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Grup.

Moleong, L.J. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Nababan, A.S. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Genta Mulia. 11(1). 6-12.

Ruseffendi, E.T. 2005. Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Shadiq, F. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembangan Matematika SMA Jenjang Dasar Tanggal 6 s.d 19 Agustus 2004 di PPPG Matematika. Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta. Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal.

Shoimin, A. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Supriadie, D. dan Darmawan, D. (2013). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.