ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 4 PAYUNG BERDASARKAN GENDER DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Silvia Ayu Mardhita, Surya Sari Faradiba, Siti Nurul Hasana

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep matematis peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung berdasarkan gender dan hasil belajar pada materi aritmatika sosial. Jenis dan pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuntitatif. Rasio FA = 3,07. Dengan menggunakan dbA = 1 dan dbB = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 4,41 pada taraf 5% dan 8,28 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empirik lebih kecil (tidak signifikan) dibandingkan harga F teoritis baik pada taraf 5%, maupun pada taraf 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung bila ditinjau dari gender. Rasio FB = 7,26. Dengan menggunakan dbB = 2 dan dbd = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 3,55 pada taraf 5% dan 6.01 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empiris lebih besar (signifikan) dibanding harga F teoritis pada taraf 5% maupun 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik kelas VII SMPN 4 Payung ditinjau dari hasil belajar. Rasio FAB = 0,02 dengan menggunakan dbAB = 2 dan dbd = 18 didapatkan harga F teoritis dalam tabel nilai-nilai F sebesar 3,55 pada taraf 5% dan 6,01 pada taraf 1%. Berdasarkan hal ini dapat dibuktikan bahwa harga F empirik lebih kecil (tidak signifikan) dibanding harga F teoritis pada taraf 5% maupun 1%. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis yang signifikan pada peserta didik bila ditinjau secara bersama-sama (berinteraksi) antara gender (A) dan hasil belajar (B).

Kata Kunci: pemahaman konsep matematis, gender dan hasil belajar, materi aritmatika sosial

 


Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., Sumarmo, U., & Hidayat, W. 2013. Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar. SIGMA Jurnal, 5, 35-47.

Jensen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak. Jakarta: Indeks.

Muawanah, E. 2009. Pendidikan Gender dan Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: Teras.

Pujiani. 2017. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK Dengan Menggunakan Pendekatan Konstektual. Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: STKIP Siliwangi.

Ramadhani, Y. R. 2013. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Mendapatkan Pendekatan Problem Based Learning (PBL) Dan Yang Mendapatkan Pembelajaran Langsung. Skripsi tidak diterbitkan. STKIP Garut.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsono. 2015. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Disposisi Matematik Siswa SMA Menggunakan Teknik Probing Prompting. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, (Online), Vol 2(3), Desember 2015. (http://ejournal.sps.upi.edu, diakses 3 Juni 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.