PELEVELAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KEPANJEN PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelevelan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kepanjen pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 5 siswa kelas VIII A yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang didapatkan dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dimana 5 siswa tersebut mewakili masing-masing tingkat kemampuan berpikir kreatif. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan berpikir kreatif, lembar pedoman observasi, dan lembar pedoman wawancara. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa subjek yang termasuk dalam level 4 (sangat kreatif) mampu menunjukkan ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kebaruan, kefasihan, dan fleksibilitas; subjek yang termasuk level 3 (kreatif) mampu menunjukkan adanya indikator kebaruan dan kefasihan; subjek yang termasuk level 2 (cukup kreatif) mampu menunjukkan adanya indikator fleksibilitas dan kefasihan; subjek yang termasuk level 1 (kurang kreatif) mampu menunjukkan adanya indikator kefasihan; subjek yang termasuk level 0 (tidak kreatif) tidak mampu menunjukkan ketiga indikator kemampuan berpikir kreatif, yaitu kebaruan, kefasihan, dan fleksibilitas.
Kata Kunci: pelevelan kemampuan berpikir kreatif matematis, materi teorema Pythagoras
Full Text:
PDFReferences
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. 2018. Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Aini, A. N., Mukhlis, M., Annizar, A. M., Jakaria, M. H. D., & Septiadi, D. D. 2020. Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. Journal of Physics: Conference Series, 1465(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1465/1/012054
Awwalin, J. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok Melalui Strategi Pembelajaran Time Token Student Facilitator and Explaining. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 09. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2611
Dila, O. R., & Zanthy, L. S. 2019. Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp pada materi peluang. 2(4), 155–160.
Hasanah, U., Wahyu, R., & Putra, Y. 2017. Analisis Proses Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika 2017, UIN Raden Intan Lampung, 5(d), 137–149.
Herdani D, P., & Ratu, N. 2018. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open – Ended Problem. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 4(1), 24–37.
Kholisoh, I. L. 2019. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Open-Ended Ditinjau Dari Disposisi Matematis Pada Pembelajaran Treffinger.
Meika, I., & Sujana, A. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Miatun, A., & Nurafni, N. 2019. Profil kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflective dan impulsive. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 150–164. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i2.26094
Narita Fifi Zulaikha, Hevy Risqi Maharani, & Mochamad Abdul Basir. 2020. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Trigonometri. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(2), 157–174. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v10i2.2717
Prihatiningsih, M., & Ratu, N. 2020. Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.218
Purwanti, D., Fakhri, J., & Negara, H. S. 2019. Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas Vii Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 91–102. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1733
Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. 2018. Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962
Pusporini, I. W. 2020. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Osborn pada Materi Bangun Datar Segiempat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Krembung Sidoarjo. Universitas Islam Malang.
Robiah, S., Adawiah, A., Rumbiyah, S. R., & Zhanty, L. S. 2019. Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa smp kelas vii pada materi segitiga dan segiempat. 01(03), 460–470.
Santi, I., Maimunah, M., & Roza, Y. 2020. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kota Pekanbaru. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(2), 95–106. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v6i2.500
Santoso, H. R. W., Ratu, N., & Yunianta, T. N. H. 2014. Deskripsi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (Tkbk)Pada Materi Segiempat Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Pabelan Kabupaten Semarang. Satya Widya, 30(2), 82. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p82-95
Sari, D. R., Nurhayati, N., & Buyung, B. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau dari Motivasi Siswa pada Materi Lingkaran Di SMP Negeri 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 35. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1851
Shidiq, U., & Choiri, M. 2019. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Siswono, T. Y. E. 2011. Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Reviews, 6(7), 548–553.
Suripah, S., & Sthephani, A. 2017. Kemampuan berpikir kreatif matematis mahasiswa dalam menyelesaikan akar pangkat persamaan kompleks berdasarkan tingkat kemampuan akademik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 149–160. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.16509
Widiastuti, Y., & Putri, R. I. I. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Operasi Pecahan Menggunakan Pendekatan Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 13–22. https://core.ac.uk/download/pdf/267822167.pdf
Refbacks
- There are currently no refbacks.