KARAKTERISASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP PLUS ZAINUL HASAN PADA PEMECAHAN MASALAH STATISTIKA

Fifi Maulidatil Wahidah, Surya Sari Faradiba, Isbadar Nursit

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakterisasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Plus Zainul Hasan pada pemecahan masalah statistika. Indikator kemampuan penalaran dengan menggunakan tahapan pemecahan masalah, yaitu pada tahap memahami masalah memuat indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, pada tahap meyusun rencana memuat indikator melakukan manipulasi, pada tahap melaksanakan rencana memuat indikator memberikan alasan atau bukti, pada tahap memeriksa kembali memuat indikator menarik kesimpulan dan memeriksa keshahihan argumen. Fokus penelitian adalah menganalisis karakterisasi kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII SMP Plus Zainul Hasan pada pemecahan masalah statistika. Jenis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa kelas VII yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang didapatkan dari hasil tes kemampuan penalaran matematis. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan penalaran matematis, lembar pedoman observasi dan lembar pedoman wawancara. Penelitian ini dilakukan melalui luring pada tanggal 29 mei sampai dengan 5 juni. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa subjek 1 (kemampuan penalaran tinggi) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, menarik kesimpulan dan memeriksa keshahihan argumen; subjek 2 (kemampuan penalaran sedang) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi, memberikan alasan atau bukti, dan memeriksa keshahihan argumen; subjek 3 (kemampuan penalaran rendah) mampu menunjukkan indikator menyajikan pernyataan matematika secara tertulis gambar dan grafik, melakukan manipulasi.

Kata kunci: penalaran matematis, pemecahan masalah, statistika


Full Text:

PDF

References


Basir, Mochamad Abdul. 2015. Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula,3(1).

Gustiati, Maya. 2016. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Dan Gaya Belajar Siswa. Tesis tidak di terbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Haqi, R., Susilawati, W., & Juariah, J. 2017. Analisis Perbandingan Penalaran Kreatif Soal Ujian Nasional Matematika Tahun 2016 Tingkat Sekolah Lanjutan Atas. Jurnal Analisa, 3(2), 148–156. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2016

Hidayati, A., & Widodo, S. 2015. Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 1–13.

Irianti, N. P. 2020. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya.Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 80. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3622

Mulyati, T. 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Pasundan, U., Cirebon, P. K., Matematik, K. L., & Pemecahan, K. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematik dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Berdasarkan Gender Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. 11(1), 65–78. https://doi.org/10.5035/pjme.v11i1.3691

Setiawati, T., Muhtadi, D., & Rosaliana, D. 2019. Kemampuan penalaran matematis siswa pada soal aplikasi. Makalah disajikan dalam rangka Seminar Nasional &Call For Papers, Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, 1 9 Januari 2019

Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar, Widyaiswara PPPG Matematika Yogyakarta, 6 – 19 Agustus 2004.

Simajuntak, M.F & Sudibjo. N. 2019. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah.Journal of Holistic Mathematics Education.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumartini, T. S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Sumartini, T. S. 2018. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Susilowati, J. P. A. 2016. Profil Penalaran Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.2.132-148

Syaiful. 2012. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Pendekatan PendidikanMatematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2), 62 – 67.

Wahyuni, Endang Sri. 2018. Profil Kemampuan Penalaran Matematis Siswa DalamMemecahkan Masalah Geometri Dimensi Tiga Berbasis Lesson Study for Learning Community (Lslc). Tesis tidak di terbitkan. Jember: Program Studi Magister Pendidikan MatematikaFakultas Keguruan Dan Ilmu PendidikanUniversitas Jember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.