Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia (Subtema Keragaman Budaya Bangsaku) Untuk Anak Lamban Belajar Kelas 4 SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Fernanda Yunita

Abstract


Abstrak: Pandemi covid-19 menyebabkan adanya perubahan pada pembelajaran. Pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka, kini harus dihentikan dan diganti dengan pembelajaran dalam jaringan (online). Hal ini dikarenakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19. Dalam hal ini, siswa lamban belajar juga mengikuti pembelajaran dalam jaringan (online). Di Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 1 Keanekaragaman Budaya Bangsaku terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran Bahasa Indonesia Tema 1 Subtema 1 untuk anak lamban belajar di masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah anak lamban belajar. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitiannya ada tiga, yaitu (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD. (2) Jenis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19. (3) Strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar. Simpulan hasil penelitian yaitu perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD didasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), jenis strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru di masa pandemi covid-19 ini adalah strategi pembelajaran ekspositori, dan strategi pembelajaran khusus untuk siswa lamban belajar yaitu strategi kunjungan kerumah siswa lamban belajar, guru kelas 4B mendatangi rumah siswa lamban belajar yang mengalami kesulitan belajar, dan mengadakan belajar kelompok di rumah siswa lamban belajar yang mengalami kesulitan belajar.

Kata Kunci: Strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, anak lamban belajar, era pandemi covid-19


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2012. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar : Teori, Diagnotis, dan Remediasinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Buku Guru kelas 4 Tema 1 “Indahnya Kebersamaan”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Choiri, Abdul Salim Munawir Yusuf, dan Sunardi. 2009. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Secara Inklusif. Sukarta : Universitas Sebelas Maret.

Depdiknas. 2003. Pembelajaran Cooperative Learning. Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No.65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual. Bandung : Refika Adiatama.

Kustawan, Dedy. 2013. Penilaian Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus.Jakarta : Luxima.

Purwaningtyas, Maylina. 2014. Strategi Pembelajaran Anak Lamban Belajar (Slow Learners) di Sekolah Inklusi SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus. 2020. Strategi Individual Peer Tutoring Inklusi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Conference Unisma : Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat. (http://conference.unisma.ac.id/index.php/KOPEMAS/KOPEMAS/paper/viewFile/776/183) (diakses pada tanggal 16 Januari 2021)

Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus. 2020. Pembelajaran Keterampilan Literasi Permulaan Anak Disabilitas Autis Dengan Strategi ABA Modifikasi Pada Masa Pandemi Covid-19. Riset Unisma : Jurnal Ilmiah NOSI, Vol. 8, No 2 (http://riset.unisma.ac.id) (diakses pada tanggal 2 Juli 2021)

Resmini, N. dkk. 2009. Pembinaan dan Pengembangan Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Teori dan Pengajarannya. Bandung : UPI PRESS.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana

Suryaningsih. 2018. Analisis Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Siswa Slow Learner Pada Kelas III-B Sekolah Dasar Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Triani, Nani dan Amir. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow Learner. Jakrta. PT Luxima Metro Media.

Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta : PT Prestasi Pustaka.

Uno, Hamzah B. dan Mohammad, Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM : Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta : Bumi Aksara.

(Sumber dari http://repository.unpas.ac.id/pembelajaran-bahasa-indonesia-di-SD) (diakses pada tanggal 27 November 2020)

(Sumber dari http://repository.umm.ac.id/ pembelajaranbahasaindonesiadiSD) diakses pada tanggal 27 November 2020.

(Sumber dari http://aisyah.journalpress.id/index.php/jika/article/view/Amelia ) Karakteristik dan Jenis Kesulitan Belajar Anak Slow Learner. Vol.1, no.2. 2016. (diakses pada tanggal 27 November 2020)

(Sumber dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/salam/article/download/15314/pdf) Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia. Vol.7, No.5. 2020. (diakses pada 10 November 2020)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.