Eksistensi Religius Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur Karya Muhidin M. Dahlan

Hilda Rahma Faiza

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rasa takut, kebebasan, dan tanggung jawab serta peran Tuhan sebagai bentuk penyelesaian masalah dan eksistensi tokoh Nidah Kirani dalam novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pendekatan kualitatif karena dalam penelitian ini, peneliti tidak membutuhkan data berupa angka. Metode yang digunakan adalah analisis wacana karena metode ini tepat untuk menganalisis bahasa baik secara tulis maupun lisan. Sumber data yang digunakan berupa novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur karya Muhidin M. Dahlan. Data penelitian berupa kata, frasa, klausa dan kalimat yang kemudian dideskripsikan dan dianalisis sesuai dengan fokus penelitian.

Hasil penelitian pada fokus pertama, menunjukkan bahwa terdapat eksistensi rasa takut yang meliputi eksistensi rasa takut tidak diterima di lingkungan organisasi, rasa takut tidak diterima di lingkungan keluarga dan rasa takut tidak diterima di lingkungan masyarakat. Hasil penelitian pada fokus kedua, menunjukkan adanya eksistensi kebebasan dan tanggung jawab yang meliputi: eksistensi kebebasan norma agama, eksistensi kebebasan norma sosial, eksistensi tanggung jawab terhadap diri sendiri, dan eksistensi tanggung jawab terhadap keluarga dan orang lain. Kemudian hasil penelitian fokus ketiga menunjukkan adanya eksistensi peran Tuhan yang meliputi: eksistensi peran Tuhan sebagai zat yang maha rahmat dan pengasih serta eksistensi peran Tuhan sebagai zat yang maha penyayang.

Kata kunci : konflik, lingkungan, eksistensi, dan religius.


Full Text:

PDF

References


Hadi W.M, Abdul. 2014. Hermeneutika Sastra Barat dan Timur. Jakarta: Sadra Press.

Martin, Vincent. 2003. Filsafat Eksistensialisme. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rokhmansyah, Alfian. 2016. Pengantar Gender dan Feminisme. Yogyakarta: Penerbit Garudhawaca.

Taum, Yoseph Y. 2015. Sastra dan Politik. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Badrih, Moh. 2015. Eksistensialisme Religi Sebagai Model Penulisan Kreatif Sastra, (Online), (https://slideplayer.info/amp/4269309/, diakses pada 20 November 2020).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.