Representasi Realitas Kehidupan Religi dalam Novel Bidadari Berbisik Karya Asma Nadia

ilvi aulia erwin sasqia

Abstract


Abstrak: Representasi merupakan cermin, gambaran, bayangan, atau tiruan kenyataan. Dalam konteks ini karya sastra dipandang sebagai penggambaran yang melambangkan kenyataan (memimes). Realitas kehidupan religi merupakan cerminan dan gambaran kehidupan religi seseorang yang benar-benar terjadi dan secara langsung dialami dalam kehidupan nyata. Representasi Tuhan sebagai Pencipta merupakan gambaran manusia yang meyakini bahwa Allah adalah pencipta dan selalu bertakwa kepada Allah. Representasi realitas kehidupan religi tersebut ditemukan melalui analisis berupa kata-kata atau kalimat yang diujarkan melalui tuturan langsung melalui dialog antar tokoh, ekspresi, dan tindakan yang terdapat dalam novel Bidadari Berbisik karya Asma Nadia dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Novel Bidadari Berbisik menceritakan Nadia menceritakan tentang kehidupan tokoh Ayuni yang ingin membahagiakan Ibunya dengan bekerja ke Jakarta untuk mengumpulkan banyak uang. Hal tersebut ditemukan melalui representasi Tuhan sebagai Pencipta. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu (a) representasi Tuhan sebagai Pencipta dengan aspek keyakinan terhadap Allah (Tuhan) sebagai Pencipta memiliki indikator meyakini bahwa segala sesuatu adalah ciptaan Allah, meyakini bahwa segala sesuatu adalah milik Allah, meyakini bahwa semua hanya menyembah kepada Allah, meyakini bahwa kehidupan hanya diatur oleh Allah, dan meyakini bahwa Allah sebaik-baik penolong dan (b) representasi Tuhan sebagai Pencipta dengan aspek taat terhadap perintah Allah (Tuhan) memiliki indikator menjalankan segala perintah yang telah ditentukan Allah dalam Al-Qur’an maupun Hadist.

Kata Kunci: Representasi, realitas kehidupan religi, Tuhan sebagai pencipta, novel Bidadari Berbisik


Full Text:

PDF

References


Aminuddin, dkk. 2006. Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Graha Ilmu.

Durkheim, Emile. 2011. The Elementary Forms of The Religious Life. (Terjemahan Ridan Muzir), Jogjakarta: IRCiSoD.

Islam, M Muizzul. 2018. Nilai-Nilai Religiusitas dalam Novel Jalan Panjang Menuju Pulang Karya Pipiet Senja. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang.

Jarnawi, Azhari&Adzanmi, Ukra. 2020. Implementasi Prinsip Yakin pada Rukun Iman dalam Konseling Islam. Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam. Volume 8, Nomor 3, 251-266.

Musthafa, A Fauzan. 2017. Nilai Religiusitas dalam Novel “Tuhan Maha Romantis” Karya Azhar Nurun Ala. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang.

Tim Redaksi. 2012. The Holy Qur’an Al Fatih Portable. Jakarta: PT Insan Media Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.