Efektivitas Keterampilan Menulis Slogan dengan Menggunakan Pembelajaran Daring Pada Peserta Didik Pola Empat Semester 2 Di Smpn 5 Malang

Anisa Putri

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas keterampilan menulis slogan dengan menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang. penelitian ini difokuskan pada tiga hal, yaitu (1) Bagaimana pembelajaran daring menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang, (2) Bagaimana keterampilan menulis slogan dalam pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5 Malang,(3) Bagaimanakah efektivitas penggunaan pembelajaran daring pada keterampilan menulis slogan pada peserta didik pola empat semester 2  di SMPN 5 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis pendekatan deskriptif statistik. Efektivitas merupakan sebuah pencapaian yang ingin dicapai oleh seseorang jika tujuan tersebut tercapai, maka dapat dikatakan efektif.Keterampilan menulis merupakan kegiatan pengungkapan ide pikiran atau perasaan yang dituangkan ke dalam sebuah karya.Slogan  merupakan kalimat/kata singkat namun menarik, yang bertujuan untuk menyampaikan suatu informasi kepada orang lain.Pembelajaran daring yakni sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Peserta didik merupakan pembelajar yang menjadi tolak ukur sebuah subtansi sekolah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas efektivitas keterampilan menulis slogan dengan menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian yaitu adanya efektivitas keterampilan menulis slogan dengan menggunakan pembelajaran daring pada peserta didik pola empat semester 2 di SMPN 5.

Kata kunci : efektivitas, pembelajaran daring, keterampilan menulis slogan, peserta didik pola empat

Full Text:

PDF

References


Bates, A. W., & Poole, G (2003). Effective teaching with technology in higher education. San Fransisco: Jossey Bass.

M.Romli, Asep Syamsul. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung, Nuansa Cendekia. Hal 34.

Sudjana, Nana. 1990. Teori-teori Belajar Untuk Pengajaran. Bandung: Fakultas Ekonomi UI.

Rusman, dkk. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan, profesionalitas guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suryabrata, 1990, Dasar-dasar Psikologi untuk Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Prima Karya.

Yaumi, Muhammad. (2018). Media Dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.