ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII SMP NEGERI 1 DAU

Intan Wulandari Wulandari, Zainal Abidin, Isbadar Nursit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan cara-cara yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal berbentuk penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar dan untuk mendeskripsikan kemampuan tingkat penalaran matematis berdasarkan motivasi belajar pada materi pola bilangan kelas VIII SMP. Sebjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Dau. Subjek penelitian yang dipilih selanjutnya dikategorikan kedalam klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah yang memiliki jawaban soal tes yang unik atau khas berbeda dengan subjek lainnya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, kuisioner, dan wawancara. Hasil penelitian disajikan berdasarkan klasifikasi tingkat motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana cara-cara yang dilakukan oleh peserta didik yang memiliki jawaban unik atau khas yang berbeda dengan subjek lainnya. Adapun cara-cara tersebut yaitu dengan memaparkan secara deskriptif/rinci, memaparkan dengan menghubungkan antara satu rumus dengan rumus lainnya, dan memaparkan dengan gambar. Hasil rata-rata tingkat kemampuan penalaran matematis pada setiap klasifikasi tingkat motivasi belajar yaitu 80 untuk tingkat klasifikasi tinggi, 46,5 untuk tingkat klasifikasi sedang, dan 51,07 untuk klasifikasi rendah.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., dkk. 2016, Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Poirtofolio ( PMBP) Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2(1): 79-102, (www. riset.unisma.ac.id)

Amna, Emda. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran. Fakultas Tarbiyahh dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Feni, Maisyaroh. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta didik Mts. Universitas Riau

Hasibuan, Sefrida.2017.Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Metode Latihan Terbimbing Menggunakan Gambar di SMAN 4 Pekanbaru. Geram (Gerakan Menulis), Vol.5 No. 2, Desember 2017

Heryadi, Dedi.2016.Menumbuhkan Karakter Akademik Dalam Perkuliahan Berbasis Logika. Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nomor 58, Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP) Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Rima, Permata Sari.2015.The Factors That Influence Societys’ Mind Set On The Imprortant Of Education In Cugung Village. Lampung

Setiawan, Agus.2016. Hubungan Kausal Penalaran Matematis terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa

Siti, Suprihatin. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metrro

Yudhanegara, MR. Lestari, KE. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.