KORELASI KINERJA TUTOR DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DENGAN PRESTASI AKADEMIK FAKULTAS KEDOKTERAN

Muhammad Wildan Satrio Nugroho, Marindra Firmansyah, Rizki Anisa

Abstract


Pendahuluan: Akreditasi program studi dipengaruhi oleh prestasi akademik serta jumlah mahasiswa lulus tepat waktu. Menurut teori causal model of PBL, prestasi akademik dipengaruhi oleh kinerja tutor dan motivasi belajar. Kedua hal tersebut belum pernah diteliti di FK UNISMA, oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui korelasi kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa dengan prestasi akademik di Fakultas Kedokteran UNISMA.

Metode: Penelitian ini mempunyai total populasi 305 mahasiswa, sementara yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 246 mahasiswa. Pengambilan data menggunakan kuesioner kinerja tutor dan motivasi belajar mahasiswa menggunakan google form. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Data dianalisis menggunakan analisis bivariat dengan uji korelasi pearson dan regresi robust dengan bantuan SPSS 23.0 for windows.

Hasil: Nilai rata-rata pada kinerja tutor menurut responden didapatkan sebesar (44,4) tergolong kinerja tutor tinggi. sedangkan pada motivasi belajar didapatkan nilai rata-rata sebesar (176,5) tergolong motivasi belajar mahasiswa tinggi. Nilai uji korelasi pearson kinerja tutor dan motivasi belajar pada keseluruhan blok nilai pvalue (<0,05) menunjukan bahwa terdapat korelasi signifikan dengan prestasi akademik. Pada Uji regresi robust didapatkan kinerja tutor (0,465) dan motivasi belajar (0,098) yang artinya apabila nilai standardize coefficient naik satu satuan maka prestasi akadmik akan naik. Dengan hasil kinerja tutor lebih berpengaruh terhadap prestasi akademik.

Kesimpulan: Kinerja tutor dan motivasi belajar mempunyai korelasi positif yang signifikan terhadap prestasi akademik. Kinerja tutor merupakan faktor yang lebih dominan pengaruhnya terhadap prestasi akdemik.

Kata kunci : Prestasi Akademik, Kinerja tutor, Motivasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.