PENUAAN DAN SUPLEMETASI VITAMIN C DAN E MEMPENGARUHI KADAR MDA DARAH PRIA SEHAT DI KOTA MALANG

Ikhsan Nur Fajar, Sasi Purwanti, Rahma Triliana

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan : Akumulasi radikal bebas menyebabkan cellular aging melalui mekanisme penurunan fungsi sel tubuh secara progresif seperti kerusakan mitokondria. Akumulasi ini menyebabkan stres oksidatif sehingga terjadilah peroksidasi lipid yang menghasilkan produk akhir malondialdehid (MDA). Kadar MDA berfungsi sebagai marker peroksidasi lipid yang diperantarai oleh radikal bebas. Untuk mencegah stres oksidatif diperlukan antioksidan tambahan yang dapat diperoleh dari suplemen vitamin C dan E. Penelitian kadar MDA yang dipengaruhi oleh usia di Kota Malang serta hubungannya dengan suplementasi vitamin C dan E belum pernah dilakukan sehingga perlu diteliti.

Metode : Penelitian deskriptif analitik cross-sectional dilakukan pada responden pria sehat dewasa muda usia 20-25 tahun (n=40) dan lansia usia 60-65 tahun  (n=40). Suplementasi vitamin C dan E diperoleh melalui kuesioner dan interview. Kadar MDA diukur dengan metode Colorimetric Assay Kit (TBA) thiobarbituric acid dibaca dengan spektrofotometer pada gelombang 532 nm. Hasil dianalisa dan p<0.05 dianggap signifikan.

Hasil dan Pembahasan : Hasil kadar MDA dewasa muda vs lansia adalah 5.79 ± 3.19 nmol/mL vs 8.95 ± 4.98 nmol/mL (p=0.000). Hasil korelasi antara usia dengan kadar MDA (r=0.307, p=0.006). Hal tersebut menunjukkan usia berbanding lurus dengan kadar MDA. Hasil uji korelasi kadar MDA dengan dosis suplementasi vitamin C (r=-0.684, p=0.000), dosis vitamin E (r=-0.548, p=0.000), kombinasi vitamin C dan E (r=-0.607, p=0.000). Hal tersebut menunjukkan suplementasi vitamin C dan E berbanding terbalik dengan kadar MDA. Kombinasi suplementasi vitamin C dan E bekerja efektif sebagai antioksidan karena vitamin C berfungsi sebagai ko-antioksidan untuk meregenerasi bentuk antioksidan vitamin E.

Kesimpulan : Semakin tua usia maka semakin tinggi kadar MDA, namun suplementasi vitamin C dan E menurunkan kadar MDA.

 

Kata Kunci : Penuaan; Usia; Radikal bebas; Antioksidan; Vitamin C; Vitamin E


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.