GAMBARAN FAKTOR DETERMINAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN

Nurul Faridah, Sri Herlina, Marindra Firmansyah

Abstract


ABSTRAK
Pendahuluan:. Mahasiswa kedokteran saat ini yang mengikuti metode Problem Based Learning (PBL) belum bisa
memanfaatkan waktu belajar mandiri secara optimal sehingga bisa berdampak pada prestasi akademik yang menurun dan
masa studi yang diambil akan bertambah. Interaksi dengan orang di sekitar, waktu dan tempat belajar adalah faktor
eksternal kesiapan belajar mandiri. Faktor internalnya adalah manajemen dan kontrol diri serta keinginan untuk belajar.
Kedua faktor tersebut merupakan faktor determinannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor determinan
eksternal dan internal kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa kedokteran.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi tentang faktor
determinan eksternal dan internal kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa kedokteran. Pengumpulan data menggunakan
teknik Focus Group Disscusion (FGD). Responden pada penelitian ini sebanyak 24 mahasiswa kelas I dan II terbagi
menjadi 2 (dua) kelompok. Metode sampling yang digunakan Maximum Variation Sampling. Analisis data dengan model
Miles & Hubarman dan coding yang dilakukan menggunakan bantuan software ATLAS.ti versi 9.
Hasil: Perbedaan faktor determinan internal dan eksternal kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa kelas I dan II yang
tertinggi adalah kontrol diri (33% dan 50%) dan keluarga (75% dan 92%). Perbedaan faktor determinan internal dan
eksternal kesiapan belajar mandiri terendah adalah tujuan belajar (17%) dan ospek (8%).
Kesimpulan: Faktor determinan internal kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa kedokteran adalah kontrol diri
sedangkan untuk faktor determinan eksternal kesiapan belajar mandiri adalah keluarga.
Kata Kunci : Kesiapan Belajar Mandiri, Problem Based Learning, Faktor determinan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.