BIJI KACANG TUNGGAK (vigna unguiculata) DAPAT MENCEGAH DISLIPIDEMIA MELALUI AKTIVASI SCAVENGER RECEPTOR β1 (SR- β1) dan LIPOPROTEIN RECEPTOR-RELATED PROTEINS (LRP1): STUDI IN SILICO

Fairuz Nazihah, Dicky Kurniawan Tontowiputro, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Biji kacang tunggak (Vigna unguiculata) mengandung sejumlah senyawa aktif yang dapat berpotensi sebagai agen anti dislipidemia. Namun, mekanisme aksi khususnya pada protein scavenger receptor β1 (SR-β1) dan lipoprotein receptor-related proteins1 (LRP1) masih belum sepenuhnya dipahami. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengungkap mekanisme interaksi pada tingkat protein SR-β1 dan LRP1 agar dapat lebih memahami peran biji kacang tunggak sebagai agen potensial dalam mengatasi dislipidemia.

Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan komputasi dengan menerapkan metode molecular docking (in silico) antara protein target dan senyawa aktif serta kontrol, dengan memanfaatkan alat bantu Autodock Vina. Evaluasi afinitas senyawa aktif terhadap protein target dilakukan melalui perbandingan energi ikatan bebas dan kemiripan ikatan residu asam amino dengan kontrol, dan hasilnya divisualisasikan menggunakan Biovia Drug Discovery Studio. Selain itu, prediksi nilai fisikokimia, farmakokinetika, dan toksisitas dilakukan dengan memanfaatkan Predicting Small-Molecule Pharmacokinetic and Toxicity (PKCSM).

Hasil: Senyawa aktif biji kacang tunggak yang memiliki afinitas tinggi pada SR-β1 antara lain: daidzin dengan residu asam amino 60% (G -7 kkal/mol), myricetin dengan70% (G -6.9 kkal/mol), dan genistein dengan 70% (G -6.7 kkal/mol). Senyawa aktif biji kacang tunggak yang memiliki afinitas tinggi pada LRP1 adalah: anthosianin dengan residu asam amino 18% (G -8 kkal/mol), dan linoleic acid dengan 18% (G -7 kkal/mol). Hasil pkcsm menunjukan bahwa seluruh senyawa aktif tidak bersifat hepatotoksik kecuali linoleic acid. Hal ini menunjukan bahwa biji kacang tunggak dapat menjadi anti dilipidemia.

Kesimpulan: Senyawa aktif biji kacang tunggak diprediksi mempunyai potensi yang lebih baik sebagai anti dislipidemia melalui mekanisme aktivasi SR-β1 dibandingkan dengan aktivasi LRP1.

Kata Kunci : anti dislipidemia; Vigna unguiculata; in silico.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.