PENINGKATAN ASUPAN ZINC DISERTAI PENURUNAN KADAR ZINC PADA LANSIA PRIA SEHAT DI KOTA MALANG

Berliania Widowati, Yeni Amalia, Rahma Triliana

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Sekitar 73% penduduk di dunia mengalami defisiensi zinc di berbagai negara. Asupan zinc harian yang direkomendasikan adalah 11 mg dan 40 mg untuk dosis maksimum. Defisiensi zinc dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi proinflamasi dan menurunkan produksi antibodi. Lansia berisiko mengalami defisiensi zinc yang diakibatkan oleh penurunan fungsi fisiologi tubuh. Belum ada penelitian terkait pengaruh usia pada asupan dan kadar zinc pria lansia sehat di Kota Malang serta risiko defisiensi zinc pada populasi, sehingga perlu dilakukan penelitian terkait hal tersebut.

Metode: Penelitian deskriptif analitik cross-sectional dilakukan pada dua kelompok penelitian, yaitu pria sehat dewasa muda usia 20-25 tahun (n=40) dan pria sehat lansia usia 60-65 tahun (n=40). Asupan zinc dinilai dengan wawancara food recall 24 jam yang dianalisa menggunakan aplikasi nutrisi survey 2007 dengan satuan konsumsi zinc mg/hari, sedangkan kadar zinc dalam darah dievaluasi dengan metode colorimetric. Data dianalisa dan p<0.05 dianggap signifikan.

Hasil dan Pembahasan: Hasil food recall 24 jam asupan zinc dewasa muda 7.2 ± 4.15 mg dan lansia 5.76 ± 2.9 mg (p=0,010), sedangkan kadar zinc dewasa muda 3,88 ± 0,51 µg/dL dan lansia 4,24 ± 0,71 µg/dL (p=0,05). Uji korelasi antara usia dengan asupan zinc adalah r=0.251, (p=0.025) dan dengan kadar zinc adalah r=0,142, (p=0,212). Hal ini menunjukkan bahwa usia berkorelasi dengan asupan zinc tetapi tidak berkorelasi pada kadar zinc yang diduga terjadi karena frekuensi asupan makanan yang mengandung zinc, bioavailabilitas zinc, dan mineral yang menghambat absorbsi zinc pada masing-masing individu.

Kesimpulan: Usia tua berpengaruh pada asupan zinc tetapi tidak pada kadar zinc pada pria sehat di Kota Malang.

Kata Kunci: Usia, Penuaan, Asupan Zinc Food Recall 24 Jam, Kadar Zinc


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.