EFEK KOMBUCHA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea) TERHADAP PENURUNAN PH LAMBUNG DAN PENINGKATAN LUAS KERUSAKAN EPITEL MUKOSA LAMBUNG

Siti Aisyah, Aris Rosidah, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kombucha adalah minuman fermentasi yang dikenal dengan probiotik dan telah banyak diketahui memiliki khasiat yang baik bagi tubuh. Senyawa aktif yang ditemukan pada bunga telang (Clitoria ternatea) diketahui memiliki berbagai manfaat dan memiliki efek yang sinergis sebagai antioksidan dan antiinflamasi, namun efek terhadap perubahan fisiologis lambung belum banyak diketahui. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kombucha bunga telang terhadap penurunan pH lambung dan peningkatan luas kerusakan epitel mukosa lambung.

Metode: Penelitian ini menggunakan design posttest only control group dengan hewan coba mencit galur BALB/c sebanyak 24 ekor dibagi dalam 4 kelompok (n=6) yang diberikan kombucha bunga telang (KBT) selama 28 hari kelompok normal KN diberikan aquades sebanyak 1cc, kelompok perlakuan KP I 25% sebanyak 1cc KBT, KP II 50% sebanyak 1cc KBT, KP III 100% sebanyak 1cc KBT. Hewan coba dikorbankan diambil organ lambung dan cairan lambung. Pengukuran pH cairan lambung menggunakan kertas indikator universal. Selanjutnya, pembuatan preparat histologi menggunakan pewarnaan Hematoxylin Eosin diamati menggunakan mikroskop trinokuler pada pembesaran 100x. Penghitungan luas kerusakan epitel mukosa menggunakan image J. Data dianalisis menggunakan uji Shapiro-Wilk untuk menguji homogenitas dan normalitas kemudian uji Oneway ANOVA dengan p<0,05 bernilai signifikan.

Hasil: Pemberian KBT dengan dosis 25%, 50% 100% sebanyak 1cc selama 28 hari tidak menyebabkan penurunan yang signifikan terhadap pH lambung (p=0,136) dan tidak meningkatkan kerusakan epitel mukosa lambung (p=0,072).

Simpulan: Pemberian KBT selama 28 hari dengan tingkatan dosis yang berbeda dapat menyebabkan penurunan pH lambung dan penurunan luas kerusakan epitel mukosa lambung.

Kata Kunci: kombucha, Bunga Telang, Epitel Mukosa Lambung, pH Lambung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.