Ramuan Herbal Berbasis Daun Pegagan, Daun Gandarusa, dan Akar Alang-alang untuk Menurunkan Remodeling Ginjal pada Kondisi Hipertensi

Emira Aulia Aqsha, Muhammad Zainul Fadli, Erna Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Senyawa aktif dalam ramuan herbal yakni dekokta CJI (Centella asiatica, Justicia gendarussa, dan Imperata cylindrica) diketahui dapat menghambat peningkatan ROS, RAAS, dan peningkatan potensial membran akibat hipertensi yang diketahui dapat meningkatkan resiko gagal ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang peran dekokta CJI dalam menurunkan remodeling ginjal pada kondisi hipertensi.

Metode: Narrative review ini menggunakan artikel atau jurnal yang diterbitkan dalam bahasa internasional (Inggris) maupun bahasa Indonesia. Artikel atau jurnal ilmiah didapatkan melalui pencarian pada Google Schoolar, Google Cendekia, PubMed NCBI, dan ResearchGate. Pencarian artikel ilmiah difokuskan pada jurnal yang terbit pada tahun 2014-2023 dengan total jumlah artikel ilmiah yang masuk sebagai kriteria review adalah 30 artikel.

Hasil: Hipertensi yang berkelanjutan akan menyebabkan komplikasi pada ginjal seperti terjadinya hialinisasi glomerulus dan fibrosis interstisial. Dekokta CJI mampu berperan dalam menurunkan remodeling jaringan ginjal melalui mekanisme anti-inflamasi, menghambat RAAS, menurunkan potensial membran, dan memproduksi antioksidan.

Simpulan: Dekokta CJI berpotensi menurunkan jumlah hialinisasi glomerulus dan luas fibrosis interstisial.

Kata Kunci: Centella asiatica, Justicia gendarussa, dan Imperata cylindrica, hipertensi, RAAS, remodeling ginjal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.