Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Perilaku Penggunaan Skincare dengan Gradasi Acne Vulgaris pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang

Hana Lailia Al-Muzaki, Sigit Wahyu Jatmiko, Sasi Purwanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kesalahpahaman mengenai acne vulgaris dan penggunaan skincare yang tersebar di masyarakat termasuk kalangan mahasiswa kedokteran bisa menjadi salah satu faktor pemicu munculnya acne vulgaris. Kondisi ini dapat memperparah terjadinya acne vulgaris jika tidak diimbangi dengan pengetahuan dan perilaku yang baik. Namun, masih belum ada penelitian mengenai hubungan tingkat pengetahuan acne vulgaris dan perilaku penggunaan skincare dengan gradasi acne vulgaris di Fakultas Kedokteran Unisma, sehingga perlu dilakukan.

Metode: Penelitian observasional analitik cross sectional dengan 126 responden dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang tingkat I-IV. Sampel diambil menggunakan stratified random sampling berstatus sebagai mahasiswa aktif serta memiliki keluhan acne vulgaris. Penilaian tingkat pengetahuan, perilaku penggunaan skincare menggunakan kuesioner yang telah di uji dan gradasi acne vulgaris ditentukan menurut kriteria Lehmann. Analisa data menggunakan Rank Spearman dengan tingkat signifikansi p<0,05.

Hasil dan Pembahasan: 126 responden terdapat 47 laki-laki dan 79 perempuan dari tingkat akademik I-IV. Tingkat pengetahuan dan perilaku penggunaan skincare yang dimiliki dominan berada pada kategori baik yaitu 76,2% dan 69%. Responden dengan keluhan acne vulgaris terdapat 22 orang derajat ringan, 101 orang derajat sedang dan derajat berat sebanyak 3 orang. Pada hasil uji Rank Spearman, tingkat pengetahuan acne vulgaris vulgaris (p=0,442) dan perilaku penggunaan skincare (p=0.685) tidak didapatkan adanya hubungan yang bermakna dengan gradasi acne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.

Kesimpulan: Antara tingkat pengetahuan acne vulgaris dan perilaku penggunaan skincare tidak memiliki hubungan dengan gradasi acne vulgaris pada mahasiswa Fakultas Kedokteran.

Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, perilaku penggunaan skincare, gradasi acne vulgaris, mahasiswa kedokteran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.