DAMPAK KECEMASAN DAN REGULASI EMOSI TERHADAP KEJADIAN TENSION TYPE HEADACHE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNISMA

Farellio Fikri Ardiansyah, Rizki Anisa, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kecemasan merupakan suatu respon terhadap situasi ancaman dan merupakan hal normal serta membuat perkembangan dan peningkatan kemampuan dalam menemukan identitas diri. Regulasi emosi adalah cara yang dilakukan seseorang untuk mengenali, mengatur, dan mengelola reaksi emosi dirinya. Kecemasan dan buruknya regulasi emosi dapat mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Rasa cemas yang sangat berlebihan disaat kondisi penuh tekanan dapat menjadi pencetus terjadinya Tension Type Headache (TTH). Penelitian ini dilakukan yang menilai pengaruh kecemasan dan regulasi emosi terhadap TTH pada mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3 FK UNISMA.

Metode: Penelitian ini yaitu Descriptive analytic studi Cross-sectional. Responden penelitian yaiu mahasiswa FK UNISMA laki - laki dan perempuan tingkat I (n=92), tingkat II (92), dan tingkat III (n=92). Responden diukur tingkat kecemasan, regulasi emosi dan tension type headache menggunakan kusioner Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS), Emotion Regulation Questionnaire (ERQ), dan Headache Screening Questionnaire (HSQ).  Data dianalisis dengan uji Kruskal-Wallis, dan Spearman Correlation. Nilai p<0.05 dianggap signifikan.

Hasil: Hasil uji perbandingan tingkat kecemasan (p 0,000). Hasil perbandingan regulasi emosi Expressive Suppression (p 0,368) dan Cognitive Reappraisal (p 0,131). Hasil uji pengaruh kecemasan terhadap TTH (p 0,030, r 0,131). Hal ini menunjukkan tingkat kecemasan mempengaruhi terjadinya TTH. Pengaruh regulasi emosi Expressive Suppression terhadap TTH menunjukkan hasil yang tidak signifikan (p 0,678, r 0,025), sedangkan  pengaruh regulasi emosi Cognitive Reappraisal terhadap TTH menunjukkan hasil yang signifikan (p 0,027, r -0,133.)

Kesimpulan: Mahasiswa tingkat III memiliki tingkat kecemasan lebih tinggi dan meningkatkan terjadinya tesion type headache pada mahasiswa FK UNISMA. Regulasi emosi Cognitive reappraisal yang rendah mempengaruhi terjadinya TTH.

Kata Kunci : Kecemasan, regulasi emosi, tension type headache, medical students

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.