PREDIKSI MEKANISME ANTIHIPERTENSI SENYAWA FITOKIMIA DAUN PEPAYA (Carica papaya) MELALUI INHIBISI ENDOTHELIN CONVERTING ENZYME-1 DAN CALCIUM CHANNEL SECARA IN SILICO

Annisa Iktiarani, Dini Sri Damayanti, Dian Novita Wulandari

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Daun papaya memiliki potensi sebagai antihipertensi yang telah dibuktikan melalui penelitian in vivo pada tikus melalui penghambatan enzim ACE. Namun, penelitian daun pepaya sebagai antihipertensi melalui inhibisi endothelin converting enzyme-1 dan calcium channel belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui afinitas senyawa aktif daun papaya sebagai antihipertensi dengan mekanisme inhibisi endothelin converting enzyme-1 dan calcium channel.

Metode: Penelitian In Silico dengan penambatan molekul dilakukan untuk melihat nilai energi ikatan bebas (∆G) dan presentase persamaan residu asam amino endothelin converting enzyme-1 (kode: 3DWB) dan calcium channel (kode; 7WLJ) terhadap kontrol Phosphoramidon dan Mibefradil serta senyawa aktif daun pepaya.

Hasil: Berdasarkan indikator energi bebas (ΔG),dan persentase residu asam amino didapatkan senyawa aktif daun pepaya yang memiliki afinitas terhadap ECE-1 yaitu rutin ( energi ikatan bebas (∆G -9.5kkal/mol, persentase persamaan residu asam amino 40%), carpaine (-8.8 kakal/mol,40%),dan naringenin (-8.2,10%) dibandingkan kontrol Phosphoramidon (-

9.5 kkal/mol,100%), sedangkan senyawa yang memiliki afinitas terhadap calcium channel yaitu rutin (∆G-9.8 kkal/mol,14,2%) dibandingkan kontrol Mibefradil (-8.7kkal/mol,100%). Secara fisikokimia dan farmakokinetik didapatkan naringenin, kaempferol, luteolin, myricetin, quercetin, genistein, dan epicatechin memenuhi kriteria Lipinski, diabsorsi di intestinal dengan baik, tidak menembus sawar darah otak, dimetabolisme dan dieksresikan dengan baik. Kesimpulan: Senyawa aktif daun pepaya berpotensi memiliki afinitas tinggi terhadap penghambatan Endothelin converting enzyme-1 dan protein calcium channel.

Kata Kunci: Antihipertensi; Carica papaya; in silico; Endothelin receptor; Calcium channel


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.