EFEK PEMBERIAN KOMBUCHA BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) TERHADAP PENINGKATAN KADAR UREUM DAN KREATININ SERUM MENCIT (Mus musculus)

Nahwa Aulia Sayidatin Nijwa, Rangga Pragasta SS, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kombucha banyak dikonsumsi masyarakat karena diketahui mempunyai efek pada kesehatan. Sedangkan bunga telang (Clitoria ternatea L.) memiliki manfaat sebagai antioksidan. Ginjal sebagai organ ekskresi sangat rentan mengalami kerusakan akibat konsumsi suatu senyawa yang berasal dari obatan-obatan, dan minuman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat efek dari konsumsi KBT terhadap kadar ureum dan kreatinin serum mencit jantan, sehingga dapat diketahui keamanan dari mengkonsumsi KBT.

Metode: Metode penelitian ini dilakukan secara experimental laboratorium secara in vivo dengan desain penelitian posttest only-control group. Pengambilan sampel mencit dilakukan dengan metode simple random sampling dengan total 24 sampel. Kelompok penelitian terdiri dari KN sebagai kelompok kontrol diberi 1 cc (aquades), K1 yang diberi 1 cc 25% KBT, K2 yang diberi 1 cc 50% KBT, dan K3 yang diberi 1 cc 100% KBT diberikan secara personde lambung selama 28 hari. Kombucha bunga telang dibuat dari 1 liter air, 12 g simplisia bunga telang, 150 g gula, dan SCOBY 10%. Kemudian difermentasi selama 10 hari dan didapatkan pH kombucha sebesar 3,55 Pengambilan sampel darah dilakukan di jantung dan dianalisis menggunakan metode calorimetri dengan spektrofotometer. Analisa data kadar ureum menggunakan uji oneway Anova dan kadar kreatinin menggunakan Kruskal-Walis dengan aplikasi SPSS 26.0 dengan P-Value <0.05 dianggap signifikan.

Hasil: Pemberian kombucha bunga telang (Clitoria ternatea L.) tidak menyebabkan peningkatan kadar ureum serum mencit (p=0.177) dan kreatinin serum mencit (p=0.666).

Simpulan: Berdasarkan hasil yang didapatkan dan analisa data yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pemberian KBT dengan dosis konsentrasi 25%, 50%, dan dosis konsentrasi maksimal 100% tidak meningkatkan kadar ureum dan kreatinin serum dibanding mencit normal.

Kata Kunci: Kombucha, bunga telang, Clitoria ternatea L, urea, kreatinin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.