POTENSI SENYAWA AKTIF DAUN ENCENG GONDOK (EICHHORNIA CRASSIPES) SEBAGAI ANTIDIABETES DENGAN MENGHAMBAT ENZIM MALTASE GLUCOAMYLASE DAN ALPHA GLUCOSIDASE

Yusril Emka Priawansyah, Fancy Brahma Adiputra, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Maltase glucoamylase dan alpha glucosidase penting untuk memecah polisakarida menjadi monosakarida di usus. Ekstrak eceng gondok diketahui dapat menurunkan kadar glukosa darah mencit dengan mekanisme yang belum diketahui. Ekstrak enceng gondok diduga dapat menghambat enzim alfa glucosidase dan maltase glucoamylase sehingga perlu di teliti melalui metode komputasi.

Metode: Studi in silico 21 senyawa aktif daun eceng gondok terhadap protein Maltase glucoamylase dan alpha glucosidase, dilakukan dengan metode molecular docking menggunakan autodocktools dilanjutkan dengan discovery studio. Sifat fisikokimia dan farmakokinetik senyawa eceng gondok di evaluasi dengan pkCSm Online.

Hasil: Senyawa aktif terbaik yang memiliki afinitas terhadap alpha glucosidase adalah orientine (∆G -9,2 kkal/mol; 40%), chrysoeriol (∆G -8,7 kkal/mol; 31%), dan luteolin (∆G -8,6 kkal/mol; 36%), kaempferol (∆G -8,3 kkal/mol; 36%), apigenin (∆G -8,2 kkal/mol; 36%), sedangkan untuk protein maltase glucoamylase adalah chrysoeriol (-9,9 kcal/mol; 66%), tricin (-9,0 kcal/mol; 66%), azaleatin (-9,8 kcal/mol 50%), orientin (-9,9 kcal/mol 33%), gossypetin (-9,9 kcal/mol 33%). Penghambatan maltase glucoamylase lebih besar dibandingkan alfa glucosidase berdasarkan afinitas ikatan senyawa aktif dibandingkan kontrol. Hasil sifat farmakokinetik dan fisikokimia didapatkan hasil semua senyawa memiliki sifat fisikokimia baik namun rendah pada parameter Caco2 sehingga tidak dapat di absorbsi di usus. Chrysoeriol, kampferol, luteolin, dan apigenin berpotensi terbaik sebagai antidiabetes yang aman di konsumsi oral dan kedepannya bisa dikembangkan sebagai obat.

Kesimpulan: Senyawa aktif daun eceng gondok (Eichhornia crassipes) berpotensi sebagai antidiabetes dengan menghambat maltase glucoamylase yang lebih besar dibandingkan alfa glucosidase dan aman untuk dikonsumsi secara oral.

Kata Kunci: Antidiabetes; Eichhornia Crassipes; in silico; Alpha Glucosidase; Maltase Glucoamylase


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.