Molecular Docking Potensi Senyawa Aktif Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Sebagai Antidiabetik terhadap Aktivasi Sulfonylurea Receptor 1 dan Glucagon Like Peptide 1 Receptor

Andika Fairuz Zaki, Fenti Kusumawardhani Hidayah, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

 

Pendahuluan: Eceng gondok (Eichhornia crassipes) mengandung beberapa senyawa aktif yang berpotensi sebagai antidiabetes. Aktivasi SUR-1 dan GLP-1R berperan dalam mekanisme sekresi insulin pankreas, yang berkaitan dengan mempertahankan homeostasis glukosa darah pada DM Tipe 2. Namun, mekanisme dari senyawa aktif eceng gondok sebagai antidiabetes dengan mekanisme aktivasi SUR-1 dan GLP-1R masih belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk memprediksi potensi dan mekanisme senyawa aktif eceng gondok sebagai antidiabetes dengan mekanisme aktivasi SUR-1 dan GLP-1R secara molecular docking.

Metode: Penelitian ini dilakukan dengan metode in silico menggunakan aplikasi Autodock Vina antara senyawa aktif eceng gondok terhadap reseptor SUR-1 dan reseptor GLP-1 dengan kontrol utama native ligand dari masing-masing kedua protein target. Afinitas senyawa aktif ditentukan menggunakan parameter energi ikatan bebas dan residu asam amino. Sementara itu, profil fisikokimia dan ADMET senyawa aktif dianalisis menggunakan pKCSM.

Hasil: Hasil menunjukkan stigmasterol (∆G -9,8 kkal/mol; residu asam amino 9,09%; ARG 1300) dan chlorogenic (∆G -6,2 kkal/mol; residu asam amino 54,54%; THR1242, ILE381, SER1238, MET429, PHE433, TRP430) mempunyai potensi antidiabetes terbaik terhadap aktivasi SUR-1. Adapun luteolin  (∆G -7,9 kkal/mol; 12,5%; ASN239) mempunyai potensi antidiabetes terbaik terhadap aktivasi GLP-1R.

Kesimpulan: Senyawa aktif stigmasterol dan chlorogenic mempunyai potensi sebagai antidiabetes terhadap aktivasi SUR-1, serta luteolin melalui aktivasi GLP-1R.

Kata Kunci: Antidiabetes; eceng gondok; molecular docking; SUR-1; GLP-1R


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.