PENGUKURAN Enterobacter sp. YANG DIISOLASI DARI TANAH TPA MENGGUNAKAN MEDIA TERSUPLEMENTASI Pb DAN SENSITIVITAS TERHADAP CEFAZOLIN DAN GENTAMISIN

Fitri Maulidya, Yoni Rina Bintari, Rio Risandiansyah

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Tanah TPA Supit Urang (TSU) memiliki kadar Pb yang tinggi sehingga dapat mempengaruhi mikroflora tanah, salah satunya satunya Enterobacter sp. sehingga berpotensi menimbulkan resistensi silang terhadap antibiotik. Namun, hal tersebut belum diteliti dengan baik. Maka, penelitian ini akan melakukan isolasi bakteri Enterobacter sp. dari tanah di dalam dan di luar fasilitas TSU menggunakan media yang mengandung Pb untuk menyeleksi bakteri Enterobacter sp. dan mengukur sensitivitasnya terhadap Cefazolin dan Gentamisin.

Metode: Sampel tanah diukur kadar Pbnya dengan menggunakan AAS (Atomic Absorption Spectrophotometer). Metode Total Plate Count (TPC) digunakan untuk perhitungan bakteri. Pengujian sensitivitas antibiotik dilakukan menggunakan metode Kirby-Bauer untuk menentukan diameter Zona Hambat (ZOI) dan dibandingkan dengan standar CLSI. Uji statistik T-Test dilakukan untuk menemukan perbedaan yang signifikan (p<0,05).

Hasil: Hasil AAS menunjukkan kadar Pb di dalam TSU (T1) sebesar 12,65 mg/kg sedangkan di luar TSU (T2) tidak terdeteksi. Jumlah koloni Enterobacter sp. dari T1 dan T2 pada media yang tidak diberi suplemen Pb masing-masing adalah 760 ± 1295a dan 6100 ± 1317c CFU/ml, dan pada media yang diberi suplemen Pb adalah 310 ± 141a dan 2900 ± 1582b CFU/ml. Uji sensitivitas menunjukkan 16/22 sampel dari T1 dan 21/22 sampel dari T2 resisten terhadap Cefazolin. Dari T1 dan T2, 22/22 sampel sensitif terhadap Gentamisin.

Kesimpulan: Pb ditemukan dari tanah fasilitas TSU dan Enterobacter sp. ditemukan dalam jumlah yang lebih tinggi di luar TSU dibandingkan di dalam TSU. Dari kedua lokasi tersebut, Enterobacter sp. ditemukan resisten terhadap cefazolin dan sensitif terhadap gentamisin.

 

Kata Kunci: Enterobacter sp., Cefazolin,  Gentamisin, TPC


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.