AKTIVITAS FISIK DAN KUALITAS TIDUR BERHUBUNGAN DENGAN TINGGI BADAN ANAK DI PANTI ASUHAN DI MALANG RAYA

Dinara Sania Maheswari, Rosaria Dian Lestari, Yeni Amalia

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan : Angka perawakan pendek di Jawa Timur menduduki peringkat kedua se-pulau Jawa. Tinggi badan dapat ditingkatkan dengan beraktivitas fisik serta optimalisasi kualitas tidur. Terpisahnya anak dengan orang tua mempengaruhi pola asuh sehingga berpengaruh pada kegiatan aktivitas fisik dan pola tidur mereka. Namun belum terdapat penelitian tentang aktivitas fisik dan pola tidur pada anak panti asuhan di kota Malang sehingga perlu diteliti.

Metode : Penelitian dilakukan pada 73 anak panti asuhan kota Malang. Data tingkat aktivitas fisik diperoleh melalui kuesioner Physical Activity Questionnaire for Adolescent (PAQ-A) dan Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) yang telah disesuaikan. Data kualitas tidur diperoleh melalui kuesioner Sleep Disturbance Scale for Children (SDSC). Status perawakan diukur dari hasil plotting tinggi badan ke kurva CDC 2000 sesuai jenis kelamin. Data dianalisa dan nilai p < 0,05 dianggap signifikan.

Hasil : Aktivitas fisik rendah pada anak laki-laki dan perempuan sebanyak 31,5% dan 27,4%, normal sebanyak 19,2% dan 15,1%, tinggi sebanyak 0% dan 6,8% (p = 0,062). Data anak dengan aktivitas fisik rendah, normal, tinggi dan memiliki gangguan tidur sebanyak 42,4%, 1,36%, 5,5%. Aktivitas fisik rendah, normal, tinggi dan tidak memiliki gangguan tidur sebanyak 16,4%, 20,5%, 1,4% (p = 0,022), (r = 0,308). Anak dengan aktivitas fisik rendah, normal, tinggi dan berperawakan pendek sebanyak 14, 4, 4 anak (p = 0,015), (r = 0,321). Anak dengan dan tidak dengan gangguan tidur yang berperawakan pendek sebanyak 18 dan 4 anak (p = 0,020), (r = 0,263). Hal ini menunjukkan aktivitas fisik dan kualitas tidur berhubungan dengan tinggi badan anak panti asuhan dengan korelasi rendah dan searah  yang diduga terjadi karena faktor lain yang ikut berperan seperti asupan nutrisi dan genetik.

Kesimpulan : Aktivitas fisik dan kualitas tidur berhubungan dengan tinggi badan anak di panti asuhan kota Malang.

Kata Kunci : Aktivitas Fisik; Kualitas Tidur; Tinggi Badan; Panti Asuhan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.