Analisa Molecular Docking Rimpang Zingiber officinale var. amarum untuk Menghambat Inflamasi Jalur COX-2 dan 5-LOX pada Osteoarthritis

Shafa Salsabila Rosa, Denis Merry Mirza, Erna Sulistyowati

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Osteoarthritis (OA) merupakan penyakit degeneratif sendi dengan karakteristik degradasi kartilago artikular, pembentukan osteofit, dan peradangan sinovial kronik. Pada kondisi OA terjadi kerusakan sel kondrosit sehingga memicu terjadinya proses inflamasi melalui jalur sikooksigenase-2 (COX-2) dan 5-lipooksigenase (5- LOX) yang menyebabkan nyeri hingga penurunan fungsional. Saat ini OAINS masih menjadi terapi populer untuk OA, namun dalam penggunaan jangka panjang akan menyebabkan efek samping berupa gangguan gastrointestinal dan ginjal. Sehingga perlu adanya inovasi terapi OA. FAO melaporkan Indonesia menduduki peringkat keempat penghasil rempah terbanyak di dunia. Zingiber officinale var. amarum merupakan rempah asli Indonesia. Penelitian ini bertujuan memprediksi senyawa aktif dari rimpang Z. officinale var. amarum yang dapat menghambat COX-2 dan 5-LOX secara selektif sebagai antiinflamasi pada OA.

Metode: Penelitian ini menggunakan 20 ligan uji dari senyawa aktif rimpang Z. officinale var. amarum yang di docking-kan dengan dua protein yaitu 5IKR (The Structure of Mefenamic Acid Bound to Human Cyclooxygenase- 2) dan 6N2W (The structure of Stable-5-Lipoxygenase bound to NDGA) menggunakan aplikasi PyRX 0.8 kemudian hasilnya divisualisasikan dengan aplikasi BIOVIA discovery studio 2020.

Hasil: Penelitian ini menunjukan hasil bahwa dari 20 senyawa aktif rimpang Z. officinale var. amarum, senyawa 1-dehydro-[6]-gingerdione, 6-dehydroshogaol, 6-gingerdiol, 6-paradol, 6-shogaol, 10-gingerol, farnesol, gingerdiol, gingerdione dapat berinteraksi terhadap sisi aktif 5IKR melalui ikatan hidrogen Tyr-385. Hal ini menunjukan senyawa tersebut memiliki aktivitas dapat menghambat COX-2 serta senyawa 6-shogaol, gingerdione, perillene teridentifikasi memiliki interaksi terhadap 6N2W melalui ikatan hidrogen His-600.

Simpulan: Interaksi yang terjadi dari kompleks senyawa Z. officinale var. amarum terhadap 5IKR dan 6N2W dapat memberikan efek penghambatan terhadap COX-2 dan 5-LOX.

Kata Kunci: 5-LOX, antiinflamasi, COX-2, molecular docking, osteoarthritis, Z. officinale var. amarum


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.