Flavonoid Kelopak Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) sebagai Terapi Adjuvant Infeksi Clostridium difficile melalui Inhibisi Adhesin CD0873 dan CDD-1 β-Lactamase, suatu Studi In Silico

Bima Alda Pratama, Rio Risandiansyah, Reza Hakim

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Infeksi Clostridium difficile adalah salah satu infeksi nosokomial yang sering terjadi akibat pemakaian antibiotik dalam jangka panjang. Strategi pencegahan infeksi C. difficile dapat dilakukan dengan dua mekanisme yaitu dengan penghambatan proses adhesi bakteri dengan melakukan inhibisi protein adhesin CD0873 yang bertujuan mencegah penempelan bakteri dan penghambatan enzim β-Lactamase dengan menginhibisi protein CDD-1 β-Lactamase sehingga bakteri akan tereradikasi dengan antibiotik umum yang digunakan secara klinis.

Metode: Penelitian dilakukan dengan metode in silico menggunakan molecular docking. Dengan menganalisa hasil afinitas senyawa aktif kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) terhadap protein CDD-1 β-Lactamase dan CD0873 diukur menggunakan website docking server dengan parameter energi ikatan bebas (∆G). Analisa data dilakukan secara diskriptif analitik.

Hasil: Senyawa aktif memiliki afinitas yang tinggi terhadap CDD-1 β-Lactamase ditinjau dari energi ikatan bebas (∆G) antara lain Quercetin-3-rutinoside (∆G: -9.83), Leucoside(Kaempferol-3-O-sambubioside) (∆G: -9.45), Quercetin-3-sambioside (∆G: -9.16). Senyawa aktif memiliki afinitas yang tinggi terhadap CD0873 antara lain Leucoside(kaempferol-3-O-sambubioside) (∆G: -8.17), Tiliroside (∆G: -6.89), 5-Caffeoylquinic Acid (∆G: -5.79).

Kesimpulan: Senyawa aktif kelopak bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa) mempunyai afinitas tinggi untuk berikatan dan menghambat CDD-1 β-Lactamase dan CD0873 yang dibuktikan dengan parameter afinitas molecular docking dibandingkan dengan kontrol yang ditinjau dari energi ikatan bebas, konstanta inhibisi, luas permukaan dan residu asam amino.

Kata Kunci: Anti-adhesi, Adhesi, Adhesin, β-Lactamase, CD0873, Hibiscus sabdariffa, Clostridium difficile

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.