RESPON PERUBAHAN MORFOLOGI VILLI DAN KRIPTA ILEUM TERHADAP PEMBERIAN KOMBUCHA DAUN SIRSAK, BUNGA TELANG, DAN KOMBINASI KEDUANYA

Anggie Wiarvela Tuzerina Nuraini, Aris Rosidah, Dini Sri Damayanti

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Kombucha merupakan minuman probiotik yang diketahui meningkatkan fungsi penyerapan usus. Senyawa aktif yang ditemukan pada daun sirsak (Annona muricata L.) dan bunga telang (Clitoria ternatea) dikenal memiliki berbagai manfaat, serta kombinasi keduanya memiliki efek sinergis sebagai antibakteri dan antioksidan, namun efeknya terhadap penyerapan usus belum banyak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kombucha daun sirsak, bunga telang, dan kombinasi keduanya terhadap perubahan rasio antara tinggi usus dan kedalaman kripta ileum sebagai indikasi tingkat penyerapan usus.

Metode: Mencit Galur BALB/c berjumlah 24 ekor dirandomisasi menjadi empat kelompok, yaitu K0 (aquades), K1 (kombucha daun sirsak), K2 (kombucha bunga telang), dan K3 (kombucha kombinasi) diberikan kombucha ± 0,7 cc/hari per sonde lambung selama satu bulan. Pada akhir perlakuan, mencit dikorbankan dengan pembedahan untuk diambil sampel usus ileum. Preparasi histologi ileum dilakukan menggunakan metode parafin dan pewarnaan dengan HE (Hematoxylin Eosin), diukur rasio villi/kripta dengan melihat panjang villi dan kedalaman kripta menggunakan mikroskop dotSlide pada pembesaran 200x dan aplikasi Miconos Image Raster 3. Analisis data dilakukan menggunakan One Way Analysis of Variance (ANOVA) dan uji Post-Hoc Tukey dengan taraf signifikansi 𝑝<0,05.

Hasil: Rasio villi/kripta kelompok K1, K2, dan K3 memiliki perbedaan yang signifikan dibanding K0 (𝑝<0,05) dalam meningkatkan rasio villi/kripta ileum. Kelompok K1 dan K2 tidak memilki perbedaan yang signifikan da;am meningkatkan rasio, namun keduanya memiliki rasio yang signifikan lebih baik dibanding K0 dan K3 dalam meningkatkan rasio villi/kripta ileum (𝑝<0,05).

Kesimpulan: Kombucha daun sirsak, kombucha bunga telang, dan kombucha kombinasi keduanya memiliki pengaruh terhadap morfologi villi dan kripta ileum. Penggunaan kombucha tunggal memiliki hasil lebih baik dibandingkan kombinasi. Hasil yang paling baik ditemukan pada perlakuan kombucha daun sirsak dengan rasio villi/kripta tertinggi.

Kata Kunci: Kombucha, Daun Sirsak, Bunga Telang, Panjang villi, Kedalaman Kripta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.