PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU PENCEGAHAN PENYAKIT DIARE SETELAH DIBERIKAN EDUKASI PHBS HIGIENE DIRI

Zakiyah Nailil Baroroh Al Firasy, Sri Herlina, Rizki Anisa

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Penyakit diare masih menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan pada anak-anak terutama di pondok pesantren Bahrul Maghfiroh. Hal tersebut dikarenakan akibat kurangnya kesadaran para santri terhadap PHBS higiene diri. Angka kejadian diare pada bulan Juli 2021 - Juli 2022 di pondok pesantren yaitu 111 kasus kejadian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku pencegahan penyakit diare.

Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimental jenis One-Group Pretest-Posttest dengan uji Wilcoxon. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sesuai dari kriteria inklusi dan kriteria ekslusi dengan hasil perhitungan rumus Krejcie dan Morgan didapatkan 150 sampel. Intervensi berupa edukasi tentang PHBS higiene diri menggunakan media powerpoint, x-banner dan permainan edukatif mengenai pencegahan penyakit diare pada pondok pesantren Bahrul Maghfiroh. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan, sikap, dan perilaku pencegahan penyakit diare.

Hasil: Pada penelitian didapatkan hasil Sig (0,00<0,05) pada pengetahuan, sikap dan perilaku setelah diberikan intervensi. Peningkatan nilai posttest pada variabel pengetahuan sebanyak 124 santri, variabel sikap sebanyak 134 santri dan variabel perilaku sebanyak 128 santri.

Kesimpulan: Pemberian edukasi melalui media powepoint, x-banner dan permainan edukatif  dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku PHBS higiene diri pencegahan penyakit diare.

Kata kunci: Edukasi, diare, pengetahuan, sikap, perilaku, santri.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.