ADIKSI INTERNET DAN PROKRASTINASI AKADEMIK SELAMA PEMBELAJARAN DARING SERTA PENGARUHNYA TERHADAP PERFORMA AKADEMIK MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN

Livia FitriYanti, Fancy Brahma Adiputra, Rizki Anisa

Abstract


ABSTRAK

Pendahuluan: Selama pandemi Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang (FK UNISMA) melaksanakan proses pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Salah satu dampak negatif pembelajaran daring yaitu adiksi internet dan prokrastinasi akademik yang dapat mempengaruhi performa akademik mahasiswa. Evaluasi pembelajaran daring di FK UNISMA masih belum dilakukan sehingga dilakukan penelitian untuk menilai tingkat adiksi internet dan prokrastinasi akademik mahasiswa selama pembelajaran daring serta pengaruh terhadap performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat korelasi adiksi internet dan prokrastinasi akademik serta faktor mana yang paling mempengaruhi performa akademik mahasiswa FK UNISMA.

Metode: Penelitian deskriptif analitik ini menggunakan pendekatan cross-sectional. Total responden sebanyak 245 mahasiswa FK UNISMA (Tingkat 1, 2 dan 3). Pengambilan data melalui kuesioner Internet Addiction Test untuk mengukur tingkat adiksi internet sedangkan untuk mengukur tingkat prokrastinasi akademik menggunakan kuesioner Procrastination Assessment Scale Students yang kami sebarkan secara online. Nilai blok digunakan sebagai data performa akademik yang kemudian dianalisa statistik dengan Uji Spearman dan Regresi Logistik didapatkan nilai p < 0,05.

Hasil: Tingkat adiksi internet mahasiswa tingkat 1, 2, dan 3 berdasarkan kategori adalah ringan 51, sedang 126, dan parah 68 mahasiswa sedangkan tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa berdasarkan kategori adalah sangat rendah 6, rendah 70, sedang 104, tinggi 64, dan sangat tinggi satu mahasiswa. Hasil uji korelasi spearman adiksi internet dan prokrastinasi akademik didapatkan nilai p  0,000 artinya terdapat korelasi terhadap performa akademik. Pada uji regresi logistik didapatkan nilai B adiksi internet 4,126 dan prokrastinasi akademik 3,021 yang artinya adiksi internet lebih berpengaruh terhadap performa akademik.

Kesimpulan: Adiksi internet dan prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap performa akademik mahasiswa. Adiksi internet adalah faktor yang paling mempengaruhi performa akademik mahasiswa FK UNISMA.

Kata Kunci: Performa Akademik, Pembelajaran Daring, Pendidikan Dokter


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.