PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Siti Isnaini Fahria, Daris Zunaida, Ainul Chanafi

Sari


Studi ini berguna mengindikasikan dampak dari lokasi, harga dan fasilitas terhadap keputusan pembelian di Pasar Induk Among Tani Kota Batu yang telah di revitalisasi. Studi ini dilakukan dengan menerapkan pendekatan berbasis kuantitatif, dengan desain studi asosiatif kausal. Populasi adalah pengunjung Pasar Among Tani bulan Februari-April 2025. Studi ini terdiri dari 110 responden dan memanfaatkan accidental sampling. Google Form sebagai media untuk menyebarkan kuesioner pada responden dan tautannya diubah menjadi QR. Teknik analisis studi memakai regresi  linear berganda menerapkan program statistik SPSS Versi 27. Temuan pengujian mengidentifikasikan bahwa lokasi memiliki dampak parsial atas keputusan pembelian di Pasar Induk Among Tani Batu. Harga memiliki dampak parsial atas keputusan pembelian di Pasar Induk Among Tani Batu. Fasilitas memiliki dampak parsial atas keputusan pembelian di Pasar Induk Among Tani Batu. Lokasi bersama harga, serta fasilitas memiliki dampak secara bersamaan atas keputusan pembelian di Pasar Induk Among Tani Batu.

Kata Kunci


Lokasi, Harga, Fasilitas, Keputusan Pembelian

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amrullah, K. (2024). Dishub Kesulitan Tertibkan Parkir Liar Depan Pasar. RADAR BATU. https://radarbatu.jawapos.com/kota-batu/amp/2324947512/dishub-kesulitan-tertibkan-parkir-liar-depan-pasar. [Accesed 25 Februari 2025].

Azzahra, N., Rinaldo, J., & Firdaus, T. R. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Neraca Shoes Cabang Permindo Padang. Matua Jurnal (Pengembangan Ilmu Manajemen dan Bisnis), 3(1), 45–58.

Fitra, Z., Hasnita, N., & Jalaluddin, J. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belanja Konsumen Remaja Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Ekobis Syariah, 2(1), 30. https://doi.org/10.22373/ekobis.v2i1.10005

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS25 (Edisi 9). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harmadji, D. E., Sidjabat, S., Effendi, N. I., Mardianto, D., Yodi Pratama, Harahab, D. F., A, M. U., Utami, R. D., Guntarayana, I., Tarigan, B. A., Meigawati, I., Kusumajaya, R. A., & Putra, T. A. E. (2022). Konsep Dasar. 1–138. Padang:PT. Global Eksekutif Teknologi.

Ifah, E. N., & Ramadhani, R. (2024). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Pasar Tradisional. Jurnal Minfo Polgan, 13(1), 657–667. https://doi.org/10.33395/jmp.v13i1.13772

Igir, F. G., Tampi, J. R. E., & Taroreh, H. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Grand Max Pick Up. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), 86–96.

Indartini, M., & Mutmainah. (2024). Analisis Data Kuantitatif Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Korelasi dan Regresi Linier Berganda (Vol. 14, Nomor 5). Klaten: Penerbit Lakeisha.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Keller, K. L.,(2016). Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education Limited.

Nurmartiani, E. (2024). Pengantar Perilaku Konsumen. Banten: Tri Star Mandiri Publisher.

Purnomo, H., Sardanto, R., & Muslih, B. (2020). Kepuasan Konsumen.pdf. In Signifikansi Prediktor Kepuasan Konsumen Jasa Hotel (hal. 22). Nganjuk: CV. Adjie Media Nusantara.

Safitri, N. (2023). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta:K-Media.

Sari, D., Dekas, R., & Haqiqi, T. M. (2023). Dampak Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Tradisional. Journal of Management and Bussines (JOMB), 5(2), 1032–1039. https://doi.org/10.31539/jomb.v5i2.6899.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, & Suparjono. (2023). Pengaruh Lokasi, Kenyamanan, Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Pasar Pagi Pamulang Permai Tangerang Selatan 1,2. Prosiding Senantias, 4(1), 1100–1109.

Syarifuddin, L. Mandey, S., & J.F.A Tumbuan, W. (2015). Sejarah Pemasaran dan Strategi Bauran Pemasaran. In Istana Agency. CV. Istana Agency.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality, & Satisfaction, (edisi 4). Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.