PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Konsumen Alfath Coffee & Space Merjosari)

Wenny Enggar Pratiwi, Mohammad Mas'ud Said, Daris Zunaida

Sari


ABSTRAK

Peneliti melakukannya sebagai pengetahuan akan sebesar apa dampak item tangible, reliability, responsiveness, assurance, juga emphaty dengan parsial maupun simultas kepada keunggulan bersaing. Pengaplikasiannya menggunakan jenis kuantitatif, yang mana teknik mengumpulkan data yakni deangan memanfaatkan kuesioner dan observasi. Kuantitas sampel dalam studi ini adalah 100 responden yang pengolahannya mengaplikasikan Software SPSS Statistik 25. Hasil studi ini diketahui Tangible punya dampak signifikan kepada Keunggulan Bersaing. Dengan pembuktian thitung > ttabel (7,759 > 1,985) menjadi rendah akan 0,05 (0,000 < 0,050). Reliability punya dampak signifikan kepada Keunggulan Bersaing. Dengan pembuktian thitung > ttabel (11,204 > 1,985) menjadi rendah akan 0,05 (0,000 < 0,050). Responsiveness punya dampak signifikan kepada Keunggulan Bersaing. Dengan pembuktian thitung > ttabel (3,128 > 1,985) menjadi rendah akan 0,05 (0,002 < 0,050). Assurance punya dampak signifikan kepada Keunggulan Bersaing. Dengan pembuktian thitung > ttabel (4,453 > 1,985) menjadi rendah akan 0,05 (0,000 < 0,050). Emphaty punya dampak signifikan kepada Keunggulan Bersaing. Dengan pembuktian thitung > ttabel (4,787 > 1,985) menjadi rendah akan 0,05 (0,000 < 0,050). Hasil Uji F mendapati tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty dengan bersamaan punya dampak kepada keunggulan bersing. Dengan pembuktian Fhitung > Ftabel (267,419 > 2,31) dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,050. Koefisien Determinasi (Adjusted R Square) mendapati nilai 0,931bermakna Keunggulan Bersaing (Y) bisa diterangkan 93,1% dari item Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), dan Emphaty (X5). Dan sisa senilai 6,9% didampaki akan item lain yang tak ada di studi ini.

Kata Kunci:. Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Keunggulan Bersaing

 

ABSTRACT

Researchers do this to gain knowledge of the impact of tangible items, reliability, responsiveness, assurance, and empathy partially or simultaneously on competitive advantage. The application uses a quantitative type, where the data collection technique is by using questionnaires and observation. The sample quantity in this research was 100 respondents whose processing applied SPSS Statistics 25 Software. The research results show that Tangible has a significant impact on Competitive Advantage. With proof tcount > ttable (7.759 > 1.985) the low will be 0.05 (0.000 < 0.050). Reliability has a significant impact on Competitive Advantage. With proof tcount > ttable (11.204 > 1.985) the low will be 0.05 (0.000 < 0.050). Responsiveness has a significant impact on Competitive Advantage. With proof tcount > ttable (3.128 > 1.985) the low will be 0.05 (0.002 < 0.050). Guarantees have a significant impact on Competitive Advantage. With proof tcount > ttable (4.453 > 1.985) the low will be 0.05 (0.000 < 0.050). Emphaty has a significant impact on Competitive Advantage. With proof tcount > ttable (4.787 > 1.985) the low will be 0.05 (0.000 < 0.050). The F Test results found real evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy which simultaneously had an impact on singing superiority. With proof Fcount > Ftable (267.419 > 2.31) with a significance level of 0.000 < 0.050. The coefficient of determination (Adjusted R Square) produces a value of 0.931, meaning that Competitive Advantage (Y) can be measured by 93.1% of the items Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), and Emphaty (X5). And the remaining 6.9% is impacted by other items not in this study.

Keywords: Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, and Competitive Advantage

 


Kata Kunci


Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, dan Keunggulan Bersaing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daftar Pustaka

Buku:

Abdurohim, Setyawati, A., Wardhana, A., Agustina, T., Lie, D., Febriyanti, Augustinah, F., Maichal, Nurjannah, Mustikarini, C. N., Hasyim, S. H., Redjeki, S., Anggoro, M. A., Wahid, M. N. A., Ardani, W., & Supartoyo, Y. H. (2023). Manajemen UMKM Pada Era Digital. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Anugrah, R., Danial, R. D. M., & Mulia, F. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggualan Bersaing (Studi pada: Pelaggan Hotel berbintang di Kota Sukabumi). JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 3(1), 67. https://doi.org/10.30737/jimek.v3i1.711

Aripin, Z. (2021). Marketing Management. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

Arkani, F. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Penerapan Standard Operating Procedure (Sop) Dan Keunggulan Bersaing Studi Pada Paguyuban Drivergocar Tugu Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia.

Arsawan, I. W. E., Yasa, I. K., Suryantini, N. P. S., & Astitiani, N. L. P. S. (2021). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Bali: Nilacakra.

Ayodya, W. (2020). UMKM 4.O. Jakarta: PT. Gramedia.

Badrianto, Y., Sitinjak, W., Sumarsih, Budi, H., Sulaiman, S., Marlena, N., Wardhana, A., Ridwan, Muh., Rokhmawati, D., Rahmawati, M. F., Prasetyo, A., Normiyati, Limgiani, & Ansari. (2021). Manajemen Strategi (Membangun Keunggulan Kompetitif). Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Basuki. (2021). Praktik Manajemen Sumberdaya Manusia Strategik Terhadap Kinerja Organisasi di Rumah Sakit. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Bharmawan, A. S., & Hanif, N. (2022). Manajemen Pemasaran Jasa Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Darmanto, & Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

Durianto, D., Sugiarto, & Budiman, L. J. (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Fauzan, R., Lotte, L. N. A., Saeni, N., Sudirjo, F., Setiawan, Z., Pandowo, A., Titing, A. S., Murdana, I. M., Sukrin, Nasution, A. A., Luturmas, F. B., & Sukma, A. (2023). Manajemen Pemasaran. Padang: Global Eksekutif Teknologi.

Fitriati, R. (2015). Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, R. S., Setiawan, Z., Simanihuruk, P., Napisah, S., Utami, B., Puspitasari, K. A., Sagala, R., Risdwiyanto, A., Harsoyo, T. D., Nuvriasari, A., & Susanto, D. (2023). Ilmu Manajemen Pemasaran. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Haming, M., & Nurnajamuddin, M. (2017). Manajemen Produksi Modern. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasan, M., Permatasari, R. D., Alamsyahbana, M. I., Wolok, T., Hamid, D. M. A., Supriadi, B., Sitohang, A. M. D., Dai, S. I. S., Januardin, Alfiana, Saragih, intan Br., Shoimah, S., Harjoni, Supartoyo, Y. H., & Harahab, D. F. (2023). Manajemen UMKM Berkelanjutan. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Karinda, B. R. R., & Sulistyawati, L. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keunggulan Bersaing pada Kedai Janji Jiwa Sepanjang Sidoarjo. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 536. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.447

Lestari, F. A. P., Putri, K. R., Muliyati, Sari, Y. P., Syamsiyah, N., Sarjana, S., Sulistiono, Mulyana, M., Sudirman, A., Ratnasari, K., Ristiyana, R., & Siska, A. (2022). Kewirausahaan. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.

Lestari, K. C., & Amri, A. M. (2020). Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

Mazda, G. (2019). Kafe di Malang yang Tumbuh dan Tumbang. Kumparan.Com/Tugu Malang. https://kumparan.com/tugumalang/kafe-di-malang-yang-tumbuh-dan-tumbang-1551768038570428054/full

Metayunika, V. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan (Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty) Terhadap Kepuasan Konsumen. Universitas Diponegoro.

Munaldus, & Karlena, Y. (2015). Credit Union Optimize People. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Nurdiyanto, A. D., & Jayanti, F. D. (2022). Achieving Competitive Advantage Trough Service Quality and Innovation in Increasing Customer Satisfaction. 2(1).

Nurmali, M., & Haloho, E. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Media Sosial Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Café Rilek’s Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 64. https://doi.org/10.51544/jmm.v5i1.3046

Purnomo, S., Junaedi, A., Purwanti, A., Erpurini, W., Hastuti, I., Nugroho, N. T., Akaresti, L., & Rosalina, Y. (2019). Kewirausahaan UMKM. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Rahman, Abd., Hakimah, Y., Dewi, M. P., Endratno, H., Herlina, T. E., Yasin, M., Karyasa, T. B., & Agustini, I. S. (2022). Buku Ajar Manajemen SDM. Bandung: CV. Feniks Muda Sejahtera.

Rashid, K. T. S., Ismael, D. A., Othman, B., & Ali, R. (2019). Dimensions of Service Quality and their Effects on Achieving Competitive Advantage: An Exploratory Study of Banking Organizations in Sulaimaniyah City-Iraq. 23(02).

Rasyad, H. (2020). Redesain Interior Oura Café Malang Berlanggam Natural Minimalis dengan Mengoptimalkan Ruang Usaha. 9(2).

Ritonga, Z. (2020). Buku Ajar Manajemen Strategi. Yogyakarta: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

Said, M. M. (2007). Birokrasi Di Negara Birokratis. Malang: UPT. Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: UB Press.

Sinaga, I. B. R., & Haloho, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Champion Café Medan. Jurnal Mutiara Manajemen, 5(1), 75. https://doi.org/10.51544/jmm.v5i1.3047

Sinambela, L. P. (2019). Statistika Sosial. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sudarsono. (2021). Service Marketing. Gorontalo: CV. Cahaya Arsh Publisher & Printing.

Sudarsono, H. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Jember: CV. Pustaka Abadi.

Sugiyono. (2013). Metode Studi Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Studi Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukmawati, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. 7(2), 132.

Suprapto, R., & Azizi, M. Z. W. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Ponorogo: Myria Publisher.

Suryati, A., Murwaningsari, E., & Mayangsari, S. (2022). Keunggulan Kompetitif: Konsep Dan Studi Kasus. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Tanjung, R., Yendrianof, D., Purba, S., Revida, E., Damayanti, W. K., Silalahi, M., Handiman, U. T., Simarmata, J., Butarbutar, M., Jmaludin, & Sinambela, M. (2022). Manajemen Pelayanan Publik Era 4.0. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Utama, A. P. (2023). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar Dan Ruang Lingkup. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Wulandari, R., & Rusmahafi, F. A. (2020). Membidik Nasabah Bank Syariah. Makassar: CV. Nas Media Pustaka.

Yani, R. W. E., Kiswaluyo, Handayani, A. T. W., Hadnyanawati, H., Dwiatmoko, S., & Misrohmasari, E. A. A. (2021). Buku Ajar Praktek Kerja Lapang Manajemen Pelayanan Kesehatan (PKL MPK). Jember: UPT Penerbitan & Percetakan Universitas Jember.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.