PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM (STUDI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS UNIVERSITAS ISLAM MALANG)
Sari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan transportasi online maxim (studi pada mahasiswa program studi administrasi bisnis universitas islam malang). Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna Maxim Bike. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sebanyak 82 responden yang diolah menggunakan software SPSS Statistik 25. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat tidak berpengaruh signifikansi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim Bike, dibuktikan nilai t hitung sebesar 0,452 dengan nilai signifikansi sebesar 0,652 > 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,64 (2) terdapat pengaruh signifikansi persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim Bike, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,080 dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,267 (3) terdapat pengaruh signifikansi citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim Bike, dibuktikan nilai t hitung sebesar 6,286 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien regresi sebesar 0,684 (4) terdapat pengaruh signifikansi kualitas pelayanan, persepsi harga, citra merek secara bersama – sama terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi online Maxim Bike, dibuktikan nilai F hitung sebesar 129.937 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of service quality, price perception, and brand image on customer satisfaction of maxim online transportation (study of students of the Malang Islamic University Business Administration Study Program,). This type of research is Quantitative. The population in this study are Maxim Bike users. The sampling technique used simple random sampling with a total of 82 respondents who were processed using SPSS Statistics 25 software. The data collection technique used a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The data analysis technique used is multiple regression.
The results showed that: (1) there was no significant effect on service quality on customer satisfaction using Maxim Bike online transportation services, it was proven that the t value was 0.452 with a significance value of 0.652 > 0.05 and a regression coefficient of 0.64 (2) there the significant effect of price perceptions on customer satisfaction using Maxim Bike online transportation services, it is proven that the t value is 3.080 with a significance value of 0.003 <0.05 and a regression coefficient of 0.267 (3) there is a significant effect of brand image on customer satisfaction using Maxim online transportation services Bike, it is proven that the t-count value is 6.286 with a significance value of 0.000 <0.05 and a regression coefficient of 0.684 (4) there is a significant effect of service quality, price perception, brand image together on customer satisfaction online transportation service users Maxim Bike, proven by the calculated F value before sar 129,937 with a significance value of 0.000 <0.05.
Keywords: Service Quality, Perceived Price, Brand Image, Customer Satisfaction
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. (2011). “Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik” Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Armstrong, Gary dan kotler,Philip. (2008). Prinsip - Prinsip Pemasaran, Jilid 1. Edisi 12. Jakarta: Erlangga
Daiyah, F, (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan pembelian Produk Three Second secara Online, Universitas Islam Malang
Fahrudin, (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Penggunaan Ulang Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Ghozali, Imam, (2018), Aplikasi Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5. Semarang : Badan Penerbit Diponegoro
Gujarati, (2003), Ekonometrika Dasar, Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga
Hariry, M, (2020). Pengaruh Inovasi Produk, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Tas Store Kota Malang, Universitas Islam Malang
Indrasari, M, (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan, Surabaya.
Kurnia. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Ojek Online di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Masdianti, (2022). Analisis Brand Image, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Moderating Pada Pengguna Roda Dua Aplikasi Jasa Online Maxim Di Kota Tanjungpinang, Universitas Maritim Raja Ali Haji
Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing.
Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran. Samarinda, Mulawarman University Press.
Rivai. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Transportasi Ojek Online Grab. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)
Shintaputri, I. & Wuisan, A.J. (2017). The Impact of Perceived Price towards Perceived Value Through the Mediation of Perceived Quality: A Case of Brand X Smartphone in Indonesian Middle-Class Customers. Jurnal iBuss, Vol. 5, No. 1, (2017) hlm. 29-42
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Alfabeta, Bandung.
________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung.
________. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa. Yogyakarta. Andi
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.