STUDI ALTERNATIF PERENCANAAN STRUKTUR ATAS JEMBATAN RANGKA TIPE WARREN TRUSS DENGAN METODE LRFD PADA JEMBATAN SEMPU KAB. BOYOLALI JAWA TENGAH

Moch Septian Yoga Pratama, Warsito warsito, Ita Suhermin Ingsih

Abstract


ABSTRAK                                                        

 

Jembatan merupakan struktur konstruksi yang berfungsi menghubungkan dua bagian jalan yang terputus. Jembatan Sempu dengan jenis konsturksi jembatan girder terletak di Desa Glonggong, Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Andong. Penelitian ini akan merencanakan alternatif dengan menggunakan tipe rangka baja jenis warren truss, yaitu rangka utamanya berbentuk trapesium dari serangkaian segitiga. Keunggulannya memiliki desain sederhana dan relatif ringan namun dapat digunakan untuk struktur yang memiliki bentang panjang. Metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu LRFD (Load Resistance and Factor Design) didasarkan pada SNI 03-1729-2020. Untuk menganalisis perhitungan dibantu dengan menggunakan software SAP2000 v.20. Hasil perhitungan didapatkan tebal plat lantai kendaraan 200 mm, dengan tulangan pokok D16 – 125 mm dan tulangan bagi Ø16 – 300 mm. Dimensi profil WF 350 x 175 x 7 x 11 untuk gelagar memanjang, profil WF 900 x 300 x 16 x 28 untuk gelagar melintang, dan profil WF 350 x 350 x 14 x 22 untuk gelagar induk. Sambungan antar gelagar melintang dengan gelagar memanjang yaitu 3 baut/baris dengan diameter baut 5/8” inch tipe A325, dan pelat penyambung profil L 55 x 55 x 10. Pada sambungan gelagar melintang dengan gelagar induk yaitu 6 baut/baris, diameter baut 5/8” inch tipe A325, dan pelat penyambung profil L 110 x 110 x 12. Sedangkan untuk sambungan batang pada gelagar induk dengan gelagar induk menggunakan baut A325 ½” inch dengan tebal simpul 20 mm. Perencanaan bangunan bawah digunakan abutment dengan dimensi lebar bawah 450 cm, tinggi 600 cm dan panjang 850 cm. Pondasi yang digunakan yaitu sumuran dengan diameter 300 cm berjumlah 2 buah dengan kedalaman 6 m. Tulangan pada pondasi menggunakan tulangan pokok D19-50 mm dan tulangan spiral D12 – 65 mm.

Kata kunci: Warren Truss, LRFD, Boyolali

ABSTRACT

A bridge is a construction structure that functions to connect two disconnected parts of a road. The Sempu Bridge with a girder bridge construction type is located in Glonggong Village, Mojosongo Village, Andong District. This research will plan an alternative by using a warren truss type of steel frame, namely the main frame is trapezoidal in shape from a series of triangles. The advantage is that it has a simple design and is relatively light but can be used for long-span structures. The method used in this research is LRFD (Load Resistance and Factor Design) based on SNI 03-1729-2020. To analyze the calculations, help using SAP2000 v.20 software. The calculation results show that the thickness of the vehicle floor plate is 200 mm, with main reinforcement D16 - 125 mm and reinforcement for Ø16 - 300 mm. The dimensions of the WF profile are 350 x 175 x 7 x 11 for the longitudinal girder, the WF profile 900 x 300 x 16 x 28 for the transverse girder, and the WF profile 350 x 350 x 14 x 22 for the main girder. The connection between the transverse girder and the longitudinal girder is 3 bolts/row with a bolt diameter of 5/8" inch type A325, and the L profile connecting plate is 55 x 55 x 10. The connection between the transverse girder and the main girder is 6 bolts/row, the bolt diameter is 5 /8" inch type A325, and L profile connecting plate 110 x 110 x 12. Meanwhile, for connecting the rods between the main girder and the main girder, use ½" inch A325 bolts with a knot thickness of 20 mm. The lower building planning uses an abutment with dimensions of 450 cm wide, 600 cm high and 850 cm long. The foundation used is 2 wells with a diameter of 300 cm with a depth of 6 m. Reinforcement in the foundation uses principal reinforcement D19-50 mm and spiral reinforcement D12 – 65 mm.

Keywords: Warren Truss, LRFD, Boyolali


 


References


Anggraini, A. S., Warsito, W., Suprapto, B. 2021. Studi Alternatif Perencanaan Jembatan dengan Struktur Rangka Baja Type Pratt pada Jembatan Petak Kabupaten Nganjuk. Jurnal Rekayasa Sipil (e-jurnal), 10(1), 24-36.

Indrawan, I., Warsito, W., & Suprapto, B. (2023). Studi Alternatif Prencanaan Jembatan Glagar Komposit Sta 4+ 195 Pada Proyek Jalan Jalur Lintas Selatan (Jls) Lot 9 (Simpang Balekambang–Kedung Salam) Kabupaten Malang.

Rahman, A., Warsito, W., Suprapto, B. 2021. Studi Perencanaan Struktur Jembatan Petak Kabupaten Nganjuk dengan Menggunakan Metode Prategang. Jurnal Rekayasa Sipil (e-jurnal), 10(1), 1-14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA