ANALISIS PENGARUH OVERLOADING KENDARAAN BERAT TERHADAP UMUR RENCANA JALAN PADA RUAS JALAN RAYA MOJOAGUNG - MOJONGAPIT KABUPATEN JOMBANG

Muhammad Khuzaiyin Makruf, Warsito Warsito, Anang Bakhtiar

Abstract


ABSTRAK

                   Overloading kendaraan berat dapat menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kondisi jalan dan umur rencana jalan, menyebabkan permasalahan yang kompleks dan kerugian yang ditimbulkan sangat besar terutama untuk para pengguna jalan seperti terjadinya kerusakan jalan.. Maka hasil survei ini bertujuan untuk mencegah kerusakan pada struktur jalan atau untuk memprediksi sisa umur pada jalan tersebut. Penelitian dilakukan di ruas jalan raya Mojoagung – Mojongapit sejauh 11 Km. Data beban berlebih didapatkan dari UPPKB Trowulan. Data LHR di dapat dari BBPJN Jawa Timur – Bali. Kemudian perhitungan persentase nilai VDF akibat beban berlebih, perhitungan Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) menggunakan metode bina marga 2013 dan penurunan umur perkerasan menggunakan metode AASHTO 1993. Hasil dari analisa perhitungan terjadi peningkatan Vehicle Damage Factor (VDF) antara kondisi normal dan overload, untuk VDF normal, nilai golongan 4 adalah 0,0007, golongan 6a adalah 0,2174, golongan 6b adalah 5,0264, golongan 7a adalah 2,7416, dan golongan 7b adalah 3,9083. Selanjutnya untuk VDF overload, nilai golongan 4 adalah 0,0043, golongan 6a adalah 0,7394, golongan 6b adalah 11,2451, golongan 7a adalah 4,3293, dan golongan 7b adalah 5,9975. Dari tiga perhitungan terdapat nilai Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) yaitu, untuk nilai CESA rencana selama umur rencana 10 tahun didapatkan 596486526, CESA normal 829944327, dan CESA overload 1245233967. Dari hasil perhitungan untuk penurunan umur jalan yang disebabkan kendaran beban berlebih (Overload) adalah 1,59 tahun atau 15,9% dari umur rencana 10 tahun.

Kata Kunci: Overloading, ruas jalan raya Mojoagung-Mojongapit, umur jalan.

 

ABSTRACT

             Overloading heavy vehicles can be a factor that influences road conditions and the design life of the road, causing complex problems and causing very large losses, especially for road users, such as road damage. So the results of this survey aim to prevent damage to the road structure or to predict the remaining life of the road. The research was carried out on the Mojoagung – Mojongapit highway for a distance of 11 km. Overload data was obtained from UPPKB Trowulan. LHR data is obtained from BBPJN East Java – Bali. Then calculate the percentage of VDF value due to excessive load, calculate the Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) using the 2013 Highways method and reduce pavement life using the 1993 AASHTO method. The results of the calculation analysis show an increase in Vehicle Damage Factor (VDF) between normal and overload conditions, for Normal VDF, group 4 value is 0.0007, group 6a is 0.2174, group 6b is 5.0264, group 7a is 2.7416, and group 7b is 3.9083. Furthermore, for VDF overload, the value for group 4 is 0.0043, group 6a is 0.7394, group 6b is 11.2451, group 7a is 4.3293, and group 7b is 5.9975. From the three calculations there is a Cumulative Equivalent Single Axle (CESA) value, namely, for the planned CESA value for the 10 year plan life, it is found to be 596486526, normal CESA 829944327, and overload CESA 1245233967. From the calculation results for the decrease in road life caused by overloaded vehicles (Overload) is 1.59 years or 15.9% of the 10 year plan life.

Keywords: Overloading, Mojoagung-Mojongapit highway, road age.


References


Budiman, L., & Sukirman, S. (2018). Studi penggunaan batu kapur Kalipucang sebagai substitusi sebagian agregat halus beton aspal jenis AC-BC. RekaRacana: Jurnal Teknil Sipil, 4(1), 45.

Edwin, M. A. A., Rohmawati, A., & Suprapto, B. (2021). Studi Analisa Dampak Beban Kendaraan Terhadap Sisa Umur Rencana Pada Jalan Nasional Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Husein, S. K., Suprapto, B., & Bakhtiar, A. (2019). STUDI PERENCANAAN PERKERASAN RUAS JALAN KM LIANG-MORELLA KABUPATEN MALUKU TENGAH.

Iskandar, H. (2007). Volume Lalu-Lintas Rencana Untuk Geometrik dan Perkerasan Jalan. Jurnal Jalan-Jembatan, 24(3), 19–19.

Pradana, A. R., Bakhtiar, A., & Warsito. (2023). Analisis Pengaruh Beban Berlebih Kendaraan terhadap Umur Rencana Jalan pada Ruas Jalan Lumajang-Probolinggo. https://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9123

Saputra, K. W. A., Rokhmawati, A., & Rahmawati, A. (2022). Studi Perencanaan Perkerasan Lentur Jalan Jalur Lintas Selatan (Jls) Lot9 Kabupaten Malang. Jurnal Rekayasa Sipil (e-Journal), 12(1), 80–92.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA