Studi Perencanaan Jembatan Sulawesi Dengan Struktur Beton Pratekan Di Kota Banjarmasin

Muhammad Yusni Anshari, Bambang Suprapto, Azizah Rachmawati

Abstract


Jembatan Sulawesi Kota Banjarmasin yang mengalami banjir sampai mengakibatkan jembatan tersebut roboh pada tahun 2013 lalu, sekarang jembatan tersebut dibangun kembali. Mengingat arti pentingnya sarana transportasi bagi masyarakat sekitar maka perlu adanya peningkatan sarana penghubung darat yang salah satunya berupa jembatan baru yang layak digunakan sebagai pendukung transportasi. Ditinjau dari faktor-faktor jembatan baru direncanakan dibangun dengan bentang 40 m dan lebar 9 m  serta meninggikan abutmen menjadi 6,5 m untuk menghindari hantaman air sungai. Studi perencanaan ini membahas beberapa perhitungan yang diantaranya plat lantai kendaraan, trotoar dan sandaran, gelagar beton prategang, jumlah tendon, kontrol lendutan, balok ujung, abutmen, serta perencanaan pondasi.

Dari hasil perhitungan perencanaan gelagar beton pratekan dapat disimpulkan dimensi gelagar direncanakan dengan tinggi gelagar 2 m, lebar flens atas 0,7m, lebar flens bawah 0,6 m, tebal flens 0,2 m, tebal flens atas 0,2 m dan bawah 0,25 m. Tendon direncanakan dengan jenis tendon VSL type 31 dengan untaian kawat baja 24 strand. Jumlah yang direncanakan sesuai perhitungan menggunakan 6 buah tendon dengan maksimal gaya F = 1.836.000 kg, untuk ukuran abutmen direncanakan dengan tinggi 7,85 m panjang abutmen sesuai dengan lebar jembatan yaitu 9 m, lebar abutmen sebesar 3 m, pondasi yang dipakai adalah pondasi kaison karena penggunaan pondasi ini sesuai dengan keadaan tanah dilapangan dengan kedalaman 5 m, diameter luar 350 cm, diameter dalam 250 cm, serta jumlah pondasi sebanyak 2 buah.

 

Kata Kunci : Jembatan, Abutmen, Kaison, Banjarmasin

Full Text:

Remote PDF

References


Anonim, 1992, "Bridge DesainManual (Panduan Perencanaan) Bridge Management System" Departement Pekerjaan Umum Bina Marga.

Anonim, 2002, "SK SNI 03-2847-2002", Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga.

Anonim, 2005, "Peraturan Perencanaan Teknik Jembatan (RSNI T-02-2005)", Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga.

Fadila Sumantri, R, 1989, "Analisis Perencanaan Jembatan", Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Hadi Pratomo, W, 1994 "Struktur Beton Prategang (Teori dan Prinsip Desain)", Nova.

Joseph E Bowles, 1993, "Analisis Desain Pondasi",Jakarta.

Krisna Raju, N., 1988 "Beton Prategang", edisi kedua, Erlangga, Jakarta.

Supriyadi, B., 2000, "Jembatan" Edisi Ketiga,Yogyakarta.

Suyono Sosrodarsono, 2000, "Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi" Edisi Ketujuh, -PT.PradnyaParamitha.

Struyk, Van Der Veen, Sumargono, 1990, "Jembatan" Edisi Ketiga, PT Pradnya Paramita.

TY Lin, Burn, H., "Desain Struktur Beton Prategang", Edisi Ketiga, Jilid 1 dan 2, Erlangga,Jakarta.

Winarni, "Struktur Beton Prategang", Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA