Studi Perencanaan Perkerasan Ruas Jalan (Anjir Km .1 .Sare Pulau - Pulau Kupang) Kuala Kapuas - Kalimantan Tengah

Muhammad Aminullah, Bambang Suprapto, Azizah Rachmawati

Abstract


Di negara kita telah tersedia berbagai sarana transportasi, baik itu berupa transportasi darat, transportasi laut,atau pun transportasi udara. Kawasan transportasi darat anjir (km.1 sare pulau-pulau kupang), perkembangannya   sangat pesat hal ini akan mempunyai pengaruh terhadap tingkat layanan.  Untuk menghitung perkerasan jalan terlebih dahulu kita menghitung LHR (Lalu lintas harian rata-rata),  perhitungan lintas ekivalen permulaan (LEP), perhitungan lintas ekivalen akhir (LEA),perhitungan lintas ekivalen tengah (LET), perhitungan lintas ekivalen rencana (LER),menentukan factor regional, (DDT) dan CBR. Setelah itu harus diketahui juga nilai Ipo dan Ipt dan  indeks tebal perkerasan (ITP).  Hasil perhitugan menunjukkan LHR sebesar 8.0166513 ,maka dapat ditentukan kelas jalan yang digunakan adalah fungsi arteri jalan utama kelas 1. Perencanaan perkerasan lentur (flexible pavement) dengan menggunakan metode analisa komponen, pada CBR 10,05% dengan susunan lapisan: Laston =10, Batu pecah (Kelas A)  =15, Sirtu/Pitrun (KelasA) =20. Hasil Perencanaan drainase menghasilkan perhitungan saluran berbentuk persegi dengan dimensi lebar penampang saluran (b) = 0,5 m,tinggi penampang saluran (h) = 0,8, tinggi jagaan (w) = 0,3 m, dengan dimensi tersebut saluran dinyatakan aman karena nilai Q saluran lebih besar dari Q rancangan.

 

Kata kunci: Perencanaan jalan, saluran drainase, Kuala Kapuas – Kalimantan Tengah

Full Text:

PDF

References


Anonim, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen pekerjaan umum, Jakarta

Antonim, 2014, Laporan Data Iklim Harian Kalimantan Tengah, Badan Meteorologi dan geofisika,stasiun Klimatologi . Kapuas.

Direktorat Jendral Bina Marga Depertemen Pekerjaan Umun, 1987, Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen, Depertemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Hamirhan Saodang, 2005, Perencanaan Perkerasan Jalan Raya, Nova, Bandung.

Shirley L.Hendarsin, 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya,Politeknik Negeri Bandung.

Suripin, 2004, Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan 1, Andi, Jogyakarta

Suripin, 2006, Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan 2, Andi, Jogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Rekayasa Sipil Terindeks oleh:
 
      
 
 
 Jurnal Rekayasa Sipil is licensed under a CC BY-NC-SA