PERSEPSI DAN AFINITAS MASYARAKAT TERHADAP AGRIBISNIS PETERNAKAN SAPI POTONG MADURA DI KECAMATAN BATUPUTIH KABUPATEN SUMENEP

Faisol Al Ervan, Irawati Dinasari, Sri Susilowati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis persepsi dan afinitas masyarakat terhadap agribisnis peternakan sapi Madura. bertujuan untuk memberikan informasi serta untuk menambah wawasan dan meningkatkan minat tentang agribisnis peternakan sapi Madura. Materi yang digunakan dalam penelitian ini data dari 20 responden. Pengambilan sampel dilakukan sengan purposive sampling. menggunakan metode penelitian survey, data yang digunakan data primer, variabel yang diamati adalah jumlah responden yang menyatakan persepsi dan afinitas berdasarkan jenis kelamin, tingkat pendidikan, pengalaman, profesi dan sumber informasi, dan analis data yang dilakukan menggunakan uji chi square dengan taraf signifikansi yang diambil oleh peneliti 0,05 5%. Respon masyarakat terhadap dan prospek terhadap agribisnis sapi potong Madura menjadi pokok dari pengamatan ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi masyarakat mempunyai nilai positif dengan perkembangan agribisnis sapi Madura saat ini karena mempunyai nilai prospek yang menjajikan, apalagi ditinjau dari banyaknya peternak skala kecil yang mulai mengembangkan usaha di sektor peternakan. Persepsi dan afinitas memiliki nilai positif terhadap agribisnis peternakan sapi Madura utamanya untuk peternak skala kecil dapat mempertahankan dan meningkatkan agribisnis di bidang peternakannya.

Kata Kunci : Afinitas, agribisnis, persepsi, sapi Madura


Full Text:

PDF

References


Afrizal, A., R. Sutrisna, dan M. Muhtarudin. 2014. Potensi Hijauan Sebagai Pakan Ruminansia Di Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu 2 (2): 233366. Lampung Timur.

Ardiansyah, D, N Irwani, dan Y Priabudiman. 2020. Tata Laksana Pengelolaan Pakan Sapi Potong. PETERPAN (Jurnal Peternakan Terapan) 1 (1): 1–7.Bandar Lampung.

Arifin, Teguh, Catur, Singgih dan Endang. 2019. Pengolahan Limbah Kotoran Sapi Dan Onggok Pati Aren Menjadi Pupuk Organik. Prosiding Senadimas (4). Surabaya.

Bamualim, A, Thalib, YN. Aggraeni dan Mariyono. 2010. Teknologi Peternakan Sapi Potong 18 (3): 149–56. Grati Pasuruan.

Bima, Septian, dan Fajar Prambudi. 2020. Potensi Pemanfaatan Limbah Peternakan Sapi Pedaging Di SPR ( Sekolah Peternakan Rakyat ) Ngudi Rejeki , Kabupaten Kediri ( Potential Utilization of Cattle Farm Waste in Ngudi Rejeki School of Smallholder Community , Kediri Regency ). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat 2 (3): 343–47. Kediri.

Daniar, Ghirah Rizqy, Bambang Ali dan Eko Nugroho. 2012. Persepsi Dan Minat Pemuda Terhadap Agribisnis Sapi Madura ( Studi Di Kecamatan Waru , Kabupaten Pamekasan )”. 24 (3): 69–78. Pamekasan.

Firmansyah, M D, dan A K Sunyigono. 2020. Peran Kelembagaan Pada Usaha Sapi Madura Ditinjau Dari Aspek Kultural Dan Struktural. Agriscience 1 (2): 530–47. Bangkalan.

Hamidah, Atikah Nur, Norma Nuraina, Despal Despal dan Epi Taufik. 2021. Pola Penyediaan Dan Rantai Pasok Pakan Serat Pada Musim Kemarau Di Peternakan Rakyat Sapi Perah, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Livestock and Animal Research 19 (1): 94. Bandung.

Lathif Apriyanto, Abdul, Irdaf Irdaf dan Anie Eka Kusumastuti. 2016. Peranan Kelompok Peternak Sapi Potong Satwa Mulya Terhadap Keberdayaan Rumah Tangga Peternak Di Desa Brajan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan 26 (3): 79–90. Malang.

Nurlaila, Selvia, dan Moh. Zali. 2020. Faktor Mempengaruhi Peningkatan Populasi Sapi Madura Di Sentra Sapi Sonok Kabupaten Pamekasan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Peternakan Tropis 7 (1): 21. Pamekasan.

Sukandi. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Peternak Dalam Usaha Peternakan Kambing Di Kecamatan Tamalatea Kabupaten Jeneponto. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99. Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Yurahman, Supriyadi dan Subaryana. 2014. Minat Generasi Muda Terhadap Wayang no. April: 123–33. Blitar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.