KREATIFITAS GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAKHUL KHOIR KARANGREJO PURWOSARI

Nur Muhamad Romdoni

Abstract


Dalam melaksanakan proses pembelajaran aqidah akhlak terdapat hal penting yang harus diperhatikan yakni kondisi pembelajaran, metode yang digunakan, serta hasil pembelajaran. Ketiga komponen tersebut jika dapat dikuasai oleh guru dalam proses belajar-mengajar, maka motivasi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran akan meningkat. Oleh karenanya kreativitas seorang guru dituntut dalam hal ini. Pendidik yang dikehendaki saat ini diharapkan tidak hanya mampu menampilkan materi pelajaran, namun juga  menunjukan kemampuan dan mengembangkan kreatifitasnya. Faktor yang paling utama adalah guru. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana kepribadian guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftakhul Khoir karangrejo purwosari 2) bagaimana motivasi guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Miftakhul Khoir Karangrejo purwosari. bagaimana proses guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs miftakhul Khoir karangrejo purwosari 4) bagamaimana hasil guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di Mts Miftakhul Khoir Karangrejo Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap-tahap yang peneliti gunakan dalam analisis data adalah dengan cara mereduksi dan menyajikan data, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Untuk mencapai keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber. Peneliti berperan sebagai instrumen utama atau kunci dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektifitas guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter siswa sangat diperlukan guna membentuk tingkah laku peserta didik yang baik dan mulia. Guru aqidah akhlak juga sebagai pemegang utama tanggung jawab dalam pembentukan karakter peserta didik. Upaya guru dalam membentuk karakter siswa dengan cara (1) guru memberi tahu bahwasannya kepribadian baik itu seperti halnya memiliki sopan santun terhadap yang lebih tua dan menyayangi yang kecil (2) seorang guru menjalin hubungan baik dengan peserta didik tanpa memandang perbedaan materi dari keluarga kaya dan kurang mampu (3) peserta didik lebih ditekankan pada tingkat pemimpin, supaya mempunyai mental yang pemberani dalam menyampaikan ilmu yang diperoleh, terutama, pada kegiatan sehari-hari seperti sikap ubudiah, sholat, mengaji dll.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Media

Usman, Uzer. 2016. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bakri, Maskuri.2009. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoriti dan Praktis. Surabaya: Visipers Media

Sardiman. 2009. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License