PENDIDIKAN PESANTREN ; SEBAGAI SUKSESI LIFE LONG EDUCATION DI INDONESIA

Agus Fawait

Abstract


Abstrak Pendidikan merupakan tumpuan utama dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembentukan intelektualitas, bakat, budi pekerti atau akhlak dan kecakapan hidup pebelajar. Dengan begitu maka belajar secara berkelanjutan merupakan sentral utama mewujudkan manusia yang bermartabat. Lahirnya konsep social education atau Kominkan di masyarakat Jepang. Pendidikan Pesantren sebagai sebuah format pendidikan yang utuh (original) lahir melalui berbagai gerakan pembaharuan pendidikan baik di negara-negara Amerika, Eropa, Asia maupun di Afrika. Terutama ketika orang mempertanyakan keberadaan pendidikan formal yang tidak mampu melayani kesemua lapisan masyarakat yang membutuhkan, seperti halnya berbagai kegiatan dalam rangka pemberantasan buta huruf, pemberantasan kemiskinan, pemberdayaan perempuan, pelatihan masyarakat desa dan pendidikan keterampilan bagi orang dewasa. Dengan begitu maka pesantren patut dikatan sebagai lembaga pendidikan yang membuka peluag pendidikan bagi masyarakat dengan tanpa membedakan suku, ras, adat dan budaya, bahkan juga usia. Dengan demikian, maka pesantren patut dikatakan sebagai lembaga pendidikan yang mengantarkan kesuksesan pada program pelaksanaan life long education. Kata Kunci : Pendidikan, Pesantren, Life Long Education.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License