IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM DI SMPN 13 MALANG

Agnes Sania Rizmawati, Nur Hasan, Dwi Fitri Wiyono

Abstract


This study uses a qualitative approach with a qualitative descriptive method. The purpose of this study is to describe how the learning process using google classroom or the same as various models and forms of application in doing google classroom learning in learning Islamic religious education at SMPN 13. In this study, the researcher acts as an instrument as well as a data collector. The results of the research that have been carried out are 1) How to implement an Islamic religious education learning system using Google Classroom 2) How to implement learning through Google Classroom 3) Evaluation in the learning process of Islamic religious education using Google Classroom

 


Full Text:

PDF

References


Asyad, Azhar. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Hamzah B. uno, 2009. Model Pembelajaran, menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif . Jakarta: Bumi Aksara

Indonesia. Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional. Lembaran Negara RI Tahun 2003 Nomor 78, Tambahan Lembaran RI Nomor 4301. Sekretariat Negara Jakarta Selatan.

Ismail SM., 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PIKEM.

Semarang: Rasail Media Group.

Jacobsen, David A., Paul, Eggen & Donald, K. 2009. Methods For Teaching: Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Majid, abdul. 2006. Perencanaan Pembelajaran (mengembangkan Standar Kompetensi Guru), Bandung: PT Remaja Rosydakarya.

Majid, Abdul dan Dian Andayani 2006. Pendidikan Agama Islam berbasis Kompetensi: Konsep dan implementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazarudin. 2007. Manajemen Pemebelajaran implementasi konsep karakteristik, dan metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah umum. Jakarta: Grasindo

Nakayama M, Yamamoto H.&S.R. 2007. The impact of leaner characterks on learning performance in hybrid courses among jappanas students elektronik journal e-learning Vol.5(3).1

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 pasal 20 Kemendikbud. Permendikbud Nomor 81A tentang Implementasi Kurikulum

Sanjaya, H. Wina 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rosdakarya

Sanjaya, Wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sunhaji, 2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran., Jurnal Kependidikan, Vol. 2, No. 2, https://media.neliti.com/media/publications/104713-ID-konsep manajemen-kelas-dan-implikasinya.pdf diakses 28 April 2021 jam 15.00,

Tillar, H.A.R. 1999. Pendidikan Kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Uhbiyati, Nur. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Zuhairini. Dkk. 1983. Metodik khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: Usana Affset Printing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License