MENGGAGAS TEKNIK SUPERVISI KLINIK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN

Muhammad Hanief

Abstract


Abstrak

 

Supervisi adalah sebuah kegiatan terencana dan terpadu yang diterapkan untuk mengawasi suatu pekerjaan. Dalam hal ini supervisi pendidikan merupakan suatu kegiatan pengawasan yang dilakukan di bidang pendidikan. Sekolah yang merupakan satuan pendidikan terkecil jabatan supervisor dipegang oleh Kepala Sekolah. Kepala sekolah bertanggungjawab untuk  melakukan pengawasan menyeluruh terhadap staf administrasi dan guru mata pelajaran. Supervisi dalam lembaga pendidikan berkembang dan mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.

Pada masa lalu pengertian supervisi lebih ditekankan pada pemberian yang berorientasi pada benar salah sebuah pekerjaan, bahkan terkadang memberikan sanksi dan menjerumuskan. Pada masa sekarang supervisi lebih ditekankan pada kegiatan pembinaan dan pengembangan pada orang yang disupervisi. Hal ini senada dengan pendapat Neagley (2000), ”Supervisi merupakan layanan kepada guru-guru yang bertujuan menghasilkan perbaikan instruksional, belajar dan kurikulum”. Pengertian tersebut mengisyaratkan bahwa dalam proses supervisibperlu ada suasana kondusif, hubungan yang interaktif dalam suasana kekeluargaan.

 

Abstrak : Supervisi, Klinik, Mutu Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Vicratina terindeks oleh:

 

Jurnal Vicratina is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License