IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER SPIRITUAL BERBASIS ALAM DI SMK ALAM KECAMATAN PUJON KABUPATEN MALANG

Atik Ushoghiroh

Abstract


Tujuan akhir suatu pendidikan adalah mewujudkan setiap insan yang berakhlaq mualia, sopan, juga bermartabat. Maka dariitu pendidikan karakter sangatlah diperlukan untuk mewujutkan tujuan tersebut. Lembaga sekolah mempunyai andil dan tanggungjawab  yang sangat besar untuk membangun ahlaq, moral, etika bagi peserta didik khususnya dalam mengatasi krisis pendidikan karakter ini.                              .

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Perencanaan Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (2) Implementasi Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang (3) Model Pendidikan Karakter Spiritual Berbasis Alam di SMK Alam Pujon Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan seluruh data yang dikumpulkan agar mendapatkan data yang valid dan study kasus merupakan jenis penelitian yang digunakan. Konsep analisis yang digunakan adalah konsep Miles huburman.

Penemuan dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan Pendidikan Karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon yaitu dengan menetapkan 8 standar karakter siswa, membiasakan sikap spiritual, dan penyedian fasilitas pendukung pembelajaran.. (2) Implementasi pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon terbagi menjadi kegiatan harian, kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan tahunan juga ekstrakulikuler. (3) Model pendidikan karakter spiritual berbasis alam di SMK Alam Pujon dengan pembiasaan, keteladanan, pemberian motivasi.

 

 

Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter Spiritual, Alam


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi. 2005. Idiologi Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Agil, Said. 2005. Aktualisasi Nilai Qur’an. Ciputat: Ciputat Pres

Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Islam. Bandung: PT Remaja Rosda..

Alsa, Asmadi. 2004. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasi dalam Penelitian Prikologi Satu uraian singkat dan contoh berbagai Tipe Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anisa. 2008. Konsep Pendidikan Karakter Menurut Ratna Megawangi dan Relevansinya dalam Pembentukan Akhlak Anak Prasekolah. Semarang : IAIN Walisongo Semarang.

Arifin. 2002. Moralitas al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Semarang: Gama Media

Asmani, Jamal. 2012. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Baharudin, dkk. 2009. Pendidikan Humanistik; Konsep, Teori, dan Aplikasi Praksis dalam Dunia Pendidikan. Yogjakarta: Ar-Ruzz media.

Bakri, Masykuri .2013. Metode Penelitian Kualitatif . Malang: Lembaga Penelitian Universitas Islam malang dan Visispres.

Daradjat, Zakiah, dkk. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementrian Agama. 2010. Wawasan Pendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementrian Agama.

Freddy, Sweet. 2004. How to Do Character Education.

Pusat Pengembangan Kurikulum dan Badan Penelitian Nasional. 2010. Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Diknas.

Hartati, Netty, dkk, 2004. Islam dan Psikologi, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hasanah, Aan. 2013. Pendidikan dalam Perspektif Karakter. Bandung,: Insan Komunika.

J Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kesuma, dharma. 2011. Pendidikan Karakter, Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kurniawan, Syamsul. 2013. Konsep dan Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara.

Langgulung, Hasan. 2004. Manusia dan Pendidikan Suatu Analisis Psikologis Filsafat dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Husna Baru.

Lickona, Thomas, 2009. Educating for Character, How ur Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Miles, B Matthew, 2014. Qualitative Data Analisys A Methods Sourcebook, America: SAGE Publications.

Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan ,Bandung: Alphabeta.

Ahmad. 2002. Ilmu Pendidikan dalam Persfektif Islam. Bandung: Rosdakarya.

Mustafida, 2019. Vol 3 Pembelajaran Nilai Multikultural dalam Budaya Madrasah di MIN Kota malang,

https://scholar.google.co.id/citations?user=bNXvFfgAAAAJ&hl=id#d=gs_md_cita-d&u=%2Fcitations%3Fview_op%3Dview_citation%26hl%3Did%26user%3DbNXvFfgAAAAJ%26citation_for_view%3DbNXvFfgAAAAJ%3A9yKSN-GCB0IC%26tzom%3D-420 diakses tanggal 06 September 2020).

Mansur, 2008. Lingkungan yang Mendidik Sebagai Wahana Pembentukan Karakter Anak

https://scholar.google.co.id/cititations?user=pfcSdc0AAAAJ&hl=id=id diakses tanggal 31 Agustus 2020.

Nurul, 2016. Terminology Yang Tepat Untuk Program Pembentukan Karakter,https://aperspektif.com. Diakses tanggal 2 Januari 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.