INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKLUSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA DI SMK NEGERI 2 MALANG

Wiwin Siswatini, Mohammad Afifulloh

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan inovasi strategi pembelajaran inklusi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan karakter siswa di SMKN 2 Malang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah paradigma kualitatif jenis studi kasus, tekhnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisa data, peneliti menggunakan teori analisis menurut Milles dan Huberman yang dikelompokkan dalam kondensasi, men-display data dan penarikan kesimpulan, kemudian diadakan analisis lintas kasus. Dalam pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode perpanjangan keikutsertaan, perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1 Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang secara garis besar menggunakan: (a) Pembelajaran berorientasi pada siswa (PBAS). (b) Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) (c) Strategi pembelajaran kontekstual (CTL). (d) Strategi pembelajaran afektif. 2. Upaya Inovasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang adalah sebagai berikut: a. Strategi Pengorganisasian meliputi: urutan isi pembelajaran (kurikulum) dari yang bersifat sederhana ke kompleks atau dari yang bersifat umum ke rinci. b.Strategi Penyampaian, meliputi penyampaian klasikal dan individual dan menggunakan media pembelajaran, c. Strategi Pengelolaan, meliputi:  metode yang digunakan guru bervariasi yang bisa membangkitkan daya persepsi, hasrat ingin meneliti,dan pengelolaan penempatan kelas inklusi, 3. Model Penempatan Siswa Inklusi Guru Pendidikan Agama Islam di SMKN 2 Malang, yaitu: a. Model Kelas Reguler (Inklusi Penuh). b. Kelas Reguler dengan Pull Out. c. Model Subtitusi.

 

Kata kunci: Inovasi, strategi pembelajaran, Pendidikan karakter sekolah inklusi.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 1987. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi.1993. Manajemen Pengajaran secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktek, cetakan Kedua, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metode Penelitian, Cetakan Kedua, Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Evaluasi Program Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: Bumi Aksara

Ardi Wiyani, Novan. 2016. Inovasi Kurikulum Dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Malang: Ar Ruzz Media

Atwi, Suparman. 1997. Desain Intructional. Jakarta : PAU Universitas Terbuka.

Azizah, Nurul. 2017. Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih Konsep dan Urgensinya dalam Pengembangan Karakter di Indonesia, PROGRESS: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 5 No. 2.

Bakri, Masykuri. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Teoritis dan Praktik. Surabaya: LPMP UNISMA dan Visipres Media.

Departemen Agama RI. 2017 Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya. Jakarta: Halim Publishing dan Distributing.

Dick and Carey. 2005. Systemic Design Intruction. Glenview : Illois Harper Collins Publisher.

Fathoni, Toto ; Cepi Riyana. 2011. Komponen-komponen pembelajaran dalam Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Friend, Marilyn ; William D Bursuck. 2015. Menuju Pendidikan Inklusi: Panduan Praktis untuk Mengajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Gulo, W. 2002. Metodologi penelitian. Jakarta. : Grasindo.

Harun, Rochajat. 2007. Metode penelitian kualitatif untuk Pelatihan. Bandung : Munadar maju.

Hidayatullah, M. Furqon. 2018 Pendidikan Karakter Ibn Miskawaih, Jawa Tengah: Dio Media.

Jamal, Syafa’atul. 2017. Konsep Akhlak Menurut Ibn Miskawaih, TASFIYAH: Jurnal Pemikiran Islam, Februari Vol. 1 No. 1

Juni Priansa, Donni. 2019. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran (Inovatif, Kreatif, Prestatif Dalam Memahami Siswa. Bandung: Pustaka Setia

Lickona, Thomas. 2019. Education For Caracter Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta : Bumi Aksara

Maghfiroh, Muliatul. 2016 Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Tahdzib Al-Akhlak Karya Ibn Miskawaih, Jurnal Tadris, Desember Vol. 11 No. 2.

Masyhuri ; M. Zainuddin, 2008. Metodologi Penelitian pendekatan praktis dan Aplikatif . Bandung : Refika Aditama.

Maskawaih, Ibn. 1994. (Pengantar), Zainun Kamal Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan.

Milles, Matthew B ; A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexy. J. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mubarak, Zaky. 1968. Al-Akhlak Al-Ghazali, Mesir: Dar al-Katib al-Araby al-Thaba’at al-Nasyr.

Mudhofir, Ali. 2007. Mengenal Filsafat Dalam Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Liberty.

Muhaimin, Abd. Ghofir. dkk. 1996. Strategi Belajar Mengajar (Penerapan dalam Pembelajaran Pendidikan Agama. Surabaya : CV Citra Media.

Nata, Abuddin. 2003. Pemikiran Para Tokoh Islam Seri Kajian Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Otara, Alfred. 2012. Innovation : A Strategy for Survival of Education Organizations, Jurnal International Volume 2 No. 9; diakses 29 Juni 2020.

Pandelli, Verona G. & Sawhney, M. 2006. Innovation and Virtual Environments: Towards Virtual Knowledge Brokers. Organization Studies, 27(6), 765-788. doi: 10.1177/0170840606061073.

PLB, Direktorat. 2004. Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi : Mengenal Pendidikan Terpadu. Jakarta : Depdiknas.

Priansa, Donni Juni. 2014. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran : Inovatif, Kreatif, Prestatif dalam Memahami Siswa. Bandung : Pustaka Setia.

Paul, W. Taylor, Problems of Moral Philosophy, California: Deckenson Publishing Compant Inc.

Satori, Djam'an ; Aan Qomariyah. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sa’ud, Udin Syaefudin. 2014. Inovasi Pendidikan, cet ke-VII.Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sukmadinata, Burhan Syaodih. 2008. Metode Penelitian Tindakan, Jakarta: Raja Grafindo.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sugiyono, 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2006. Metode Penelitian Tindakan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulaiman, Asep. 2016. Mengenal Filsafat Islam, Bandung: Fadillah Press.

Sunendar, Dadang ; Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Thahier, Rohana ; Makmur. 2015. Inovasi dan Kreatifitas Manusia dalam Administrasi dan Manajemen. Bandung : PT Revika Aditama.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

UU Republik Indoonesia No 18 tahun 2002, Sistem Nasional Penelitian, Pengembanggan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan teknologi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Citra Umbara.

Wahyu Hidayat, ahmad dan Ulfa Kesuma, 2019. Analisis Filosofis Pemikiran Ibnu Miskawaih (Sketsa Biografi, Konsep Pemikiran Pendidikan, dan Relevansinya di Era Modern), Jurnal Pendidikan Islam, Desember Vol. 2 No. 1.

Www.aijcrnet.com/journals/Vol. 2 No. 9 September. 2016. /20.pdf, Minggu, 9 Februari 2020, Pk. 11.00.

Wena, Made. 2018. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara

Wiyani, Novan Ardy. 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta : Arruz Media.

Zubaidi, dkk, 2010. Filsafat Barat, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Zuharini, dkk. 2012. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.